nusabali

Bupati Suwirta Terima Kunjungan PT SMI ke TOSS Center

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-terima-kunjungan-pt-smi-ke-toss-center

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menerima kunjungan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) di Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Selasa (15/11).

Rombongan PT SMI dipimpin Direktur Pembiayaan Publik dan Pengembangan Proyek, Faaris Pranawa. Kunjungan ini untuk melihat secara langsung proses pengelolaan sampah milik Kabupaten Klungkung.

Setelah mengamati langsung proses pengolahan sampah TOSS Center, Pranawa berjanji akan menghubungkan Klungkung dengan pihak-pihak yang bergerak dalam pengelolaan sampah. “Kami mengapresiasi upaya dan konsistensi Pemkab Klungkung dalam penerapan teknologi TOSS untuk mengatasi persoalan sampah,” ujar Pranawa. PT SMI merupakan Special Mission Vehicle (SMV) di bawah Kementerian Keuangan yang bergerak di bidang pembiayaan dan penyiapan proyek infrastruktur. PT SMI berperan sebagai katalis percepatan pembangunan infrastruktur Indonesia melalui produk pembiayaan yang inovatif, unik, dan fleksibel.

Bupati Suwirta menceritakan sejarah awal memilih teknologi TOSS Center dalam pengolahan sampah. Pengolahan sampah TOSS Center berhasil memenangkan Top 40 Inovasi Pelayanan Publik. TOSS terbukti efektif memanfaatkan sampah organik dan non organik menjadi energi terbarukan berupa pelet yang dijadikan bahan bakar listrik. Setelah pelet diujicoba di Bandung dan Jakarta, dengan campuran 85 persen sampah organik dan 15 persen non organik, kandungan peletnya bisa menghasilkan energi 3.500 kalori. Lewat program TOSS yang dilaunching pada Desember 2017, sampah-sampah di kota maupun pedesaan bisa dimanfaatkan menjadi energi terbarukan. *wan

Komentar