nusabali

Griya Kongco Dwipayana Berharap Disinggahi Pemimpin Negara G20

  • www.nusabali.com-griya-kongco-dwipayana-berharap-disinggahi-pemimpin-negara-g20

DENPASAR, NusaBali
Para pemimpin negara yang menghadiri KTT G20 dijadwalkan melakukan penanaman bibit mangrove di area Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Pemogan, Denpasar Selatan, Rabu (16/11) pagi ini.

Griya Kongco Dwipayana yang juga berada di area Tahura Ngurah Rai bersiap jika pemimpin negara G20 berniat singgah ke tempat ibadah umat Tri Dharma tersebut. “Kalau bisa singgah di sini, bagi kami sebuah kebanggaan,” ujar Ratu Pemangku Griya Kongco Dwipayana Ida Bagus Adnyana, kepada NusaBali, Selasa (15/11).

Ida Bagus Adnyana mengatakan, jika berkunjung ke Griya Kongco Dwipayana, para pemimpin negara G20 dapat melihat bagaimana keragaman keyakinan yang ada di dalam kongco. Bukan hanya terdapat bangunan pemujaan dewa-dewi Tionghoa, di dalam kongco juga terdapat patung Budha. Yang unik adalah terdapat palinggih umat Hindu Bali seperti palinggih Ratu Niang Sakti, Ratu Gede Mas Mecaling, dan Padmasana.

“Inilah kelebihan Bali, bahwa keragaman itu ada di sini juga,” kata Ida Bagus Adnyana. Namun demikian, Ida Bagus Adnyana mengungkapkan sejauh ini belum ada konfirmasi dari panitia G20 mengenai agenda para pemimpin negara mengunjungi Griya Kongco Dwipayana.

Dia menuturkan, beberapa tempat di area kongco dipastikan akan dipakai sebagai tempat staf kepresidenan dan media berkumpul. Pihak panitia mendirikan tenda di bagian dalam kongco sebagai press room. Sementara pada bangunan yang terletak di sisi utara kongco juga telah disiapkan sebagai area staf kepresidenan.

“Persiapannya sudah sekitar satu minggu,” ujar pria yang biasa disapa Atu Mangku. Ida Bagus Adnyana mengatakan pihaknya mendukung 100 persen perhelatan KTT G20. Untuk itu kongco melakukan sejumlah persiapan seperti pengecatan dan renovasi pada beberapa bagian untuk mempercantik bangunan kongco.

Atu Mangku pun berharap dengan digelarnya KTT G20 di Pulau Dewata membawa dampak positif terhadap perekonomian Bali yang sempat terpuruk selama pandemi. “Semoga KTT G20 berjalan lancar dan sukses, perekonomian Bali bangkit kembali,” ujarnya. *cr78

Komentar