nusabali

Ida Pedanda Pemaron Sidemen Raih Nugra Jasa Dharma Pustakaloka

Komitmen Lestarikan Naskah Kuno

  • www.nusabali.com-ida-pedanda-pemaron-sidemen-raih-nugra-jasa-dharma-pustakaloka

MANGUPURA, NusaBali
Ida Pedanda Pemaron Sidemen, Griya Gulingan Sidemen (Ida Bagus Suarsana) meraih penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustakaloka pada acara Gemilang Perpustakaan Nasional Tahun 2022 di Jakarta, Senin (14/11).

Acara ini merupakan bentuk apresiasi tertinggi dari pemerintah melalui Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Penghargaan sebagai bentuk apresiasi ini diberikan kepada masyarakat, kelompok dan lembaga yang telah berhasil meningkatkan literasi dan kegemaran membaca secara aktif, efektif dan inovatif melalui pendayagunaan perpustakaan. Nugra Jasa Dharma Pustakaloka sendiri terdiri dari kategori publik, tokoh masyarakat, penggiat literasi, media massa, jurnalis, pelestarian naskah kuno, buku (pustaka) terbaik, dan lifetime achievement.

Turut mendampingi Ida Pedanda Pemaron Sidemen, Griya Gulingan Sidemen pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung Ni Wayan Kristiani dan Kepala Bidang Pelestarian Bahan Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung Kadek Wiratnata.

Kristiani menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Ida Pedanda Pemaron Sidemen, Griya Gulingan Sidemen yang secara nyata telah melakukan pelestarian naskah kuno, baik telah melakukan perawatan, serta bermanfaat untuk masyarakat sebagai sumber informasi.

“Sumber pengetahuan yang telah diwarisi oleh leluhur yang sangat perlu kita lestarikan. Semoga prestasi ini, dapat mendorong, dalam meningkatkan peran serta masyarakat dalam upaya penyelamatan naskah kuno,” ujarnya. *asa

Komentar