nusabali

Bupati Gede Dana Serap Aspirasi Guru di Abang

  • www.nusabali.com-bupati-gede-dana-serap-aspirasi-guru-di-abang

AMLAPURA, NusaBali
Bupati Karangasem I Gede Dana menyerap aspirasi para guru di SMPN 1 Abang, Banjar Abang Kelod, Desa/Kecamatan Abang, Karangasem, Senin (14/11).

Upaya ini serangkaian peringatan HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru. Hadir pada acara itu, 325 guru se-Kecamatan Abang, dikemas dalam acara Ngoreks (ngobrol rileks) bersama Bupati I Gede Dana. Terungkap persoalan paling krusial di setiap sekolah yakni kekurangan tenaga pendidik, kondisi gedung yang mulai keropos memerlukan perbaikan. "Sementara kami hanya bisa berupaya mendekatkan tenaga guru bertugas dari tempat tinggal dengan tempat kerja," jelas orang nomor satu di Karangasem ini.

Bupati dari Banjar Lebah, Desa Datah, Kecamatan Abang ini mengapresiasi kerja keras para guru membina siswa berbakat. Pembinaan itu melahirkan banyak prestasi. Bupati juga mengapresiasi kerja tambahan guru dalam program Satu Data Karangasem, telah mencapai 95 persen.

Sebelumnya program Ngoreks juga digelar di SMPN 2 Bebandem, Banjar Pande Sari, Desa/Kecamatan Bebandem, Jumat (11/11), disusul di SMAN 1 Kubu, Banjar Tigaron Kangin, Desa Sukadana, Kecamatan Kubu, Sabtu (12/11).

Bupati Gede Dana mengingatkan pembangunan di segala bidang, mesti dapat dukungan dari sumber daya manusia yang cerdas, dan andal. Semua itu hanya guru yang mampu mencetak tenaga terampil, cerdas dan andal.

Pembangunan  bidang pendidikan, lanjut dia, terutama menciptakan sumber daya manusia yang cerdas, hanya saja secara fisik tidak terlihat. Pembangunan fisik yang bisa disaksikan, berupa pembangunan infrastruktur. Padahal pondasi utama di dalam membangun sebuah negara, mesti mencetak warga masyarakat yang berkualitas, yang merupakan salah satu modal utama pembangunan.

Itulah sebabnya, jelas Bupati Gede Dana, aspek pendidikan merupakan salah satu prioritas program kerja, di tengah kurangnya tenaga pendidik yang ada namun grafik mutu pendidikan semakin membaik. "Saya sangat mengapresiasi kinerja para tenaga pendidik, di mana telah banyak prestasi yang diraih oleh para siswa di tengah kurangnya tenaga pendidik yang ada," ujarnya. Bupati Gede Dana juga menyempatkan berdialog dengan siswa yang hadir, menanyakan cita-citanya, dan memotivasi agar rajin belajar. *k16

Komentar