nusabali

Universitas Inggris dan Australia Bikin Kampus di Kota Bandung, September 2024 Operasional

  • www.nusabali.com-universitas-inggris-dan-australia-bikin-kampus-di-kota-bandung-september-2024-operasional

MANGUPURA, NusaBali.com – Dua perguruan tinggi, Lancaster University dan Deakin University memastikan segera membangun kampus di Bandung, Jawa Barat. Kepastian kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat itu ditegaskan dalam sebuah pertemuan di Legian, Kabupaten Badung, Bali, Senin (14/11/2022) sore.

“Saya menyampaikan kabar gembira. Dua universitas dari Inggris dan Australia yang mempunya sejarah dalam dunia pendidikan, pada momen G20 ini sudah siap membuka kampus di Jawa Barat. Bentuk kerja sama adalah joint university,” kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ditemui setelah pertemuan di The Stone Legian.

Hadirnya dua universitas ternama ini, disebut Ridwan Kamil sebagai jawaban atas prediksi Indonesia pada 2045 menjadi negara adidaya. 

“Pada 2045 Indonesia adalah negara adidaya. Jadi, sumber daya manusia harus siap. Human capital harus lakukan lompatan-lompatan. Dengan hadirnya dua universitas terkemuka ini, maka mimpi menjadi negara adidaya akan terwujud,” kata Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil. 

Lancaster University dan Deakin University diharapkan bisa  menghasilkan mahasiswa-mahasiswa produktif, kompetitif  dan cerdas. “Dengan demikian, impian Negara Indonesia menjadi adidaya bisa tercapai dalam 23 hingga 25 tahun mendatang,” kata  sosok yang namanya selalu masuk dalam papan atas survei calon presiden RI 2024 ini.

Ridwan Kamil pun menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang telah memproses perizinan sebagaimana ketentuan yang termaktuib dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta kerja (Omnibus Law), sehingga saat ini tinggal proses eksekusi dimulainya pembangunan.

“Anak indonesia yang ingin pendidikan global silakan dapat datang,” ajak Ridwan Kamil.

Namun operasional kampus ini masih harus menunggu proses pembangunan.

“Kalau lancar, pembangunan selesai bulan September  2024 atau dua  bulan sebelum pemilihan Gubernur Jawa Barat,” seloroh Ridwan Kamil.

Untuk tahap awal kampus, kata Ridwan kamil, akan berdiri di Kota Bandung. Namun untuk ke depannya, bukan tidak mungkin akan dikembangkan di kota/kabupaten lain di Jawa Barat. 

Pada pertemuan di Legian ini, hadir antara lain Pro Vice Chancellor International Relation Deakin University, John Molonny; Assosiate Pro Vice Chancellor International Relation Deakin University, Wei Shin; Pro Vice Chancellor (Global) Lancester Univesity, Simon Guy; Head of Departement for International Trade, Oliver Richard; Head of Strategy and 2nd Cities, Farah Chaudoy; Victoria Office in jakarta, Huda Albana.

Komentar