nusabali

Siswa SMPN Semarapura Pentaskan Dharmaning Ksatria Mahottama

  • www.nusabali.com-siswa-smpn-semarapura-pentaskan-dharmaning-ksatria-mahottama

SEMARAPURA, NusaBali
Siswa SMPN 3 Semarapura tampil mengisi acara car free day (CFD) dengan pementasan teatrikal Dharmaning Ksatria Mahottama di Alun-alun Ida Dewa Agung Jambe di Kota Semarapura, Klungkung, Minggu (13/11) pagi.

Penampilan sebanyak 22 siswa ini memukau penonton. Dharmaning Ksatria Mahottama mengisahkan pemberontakan Ki Agung Maruti untuk merebut kekuasaan di kerajaan Swecapura pada tahun 1651. Pemberontakan ini mengakibatkan Raja Dalem Di Made bersama para bangsawan pendukungnya pergi mengungsi ke Desa Guliang.

Raja Dalem Di Made dan pasukan menyusun strategi perang di Desa Guliang untuk kembali merebut kerajaan Swecapura. Putra Dalem Di Made, Ida Dewa Agung Jambe, balas dendam dan menyerang kerajaan Gelgel yang dipimpin Ki Agung Maruti. “Ida Dewa Agung Jambe yang menang perang memutuskan untuk mendirikan kerajaan baru bernama Klungkung,” ujar Kasek SMPN 3 Semarapura, David Setiyanto. David berharap para siswa mengetahui sejarah daerahnya, memupuk rasa patriotisme, cinta tanah air, memupuk rasa kegotongroyongan, dan meningkatkan religius dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Pementasan dihadiri Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, Kadisdikpora Klungkung I Ketut Sujana, dan jajarannya. Selain SMP 3 Semarapura, tampil juga SMK TI Global Klungkung dan SMA Pariwisata Saraswati, Klungkung. *wan

Komentar