nusabali

Bupati Gede Dana Motivasi Guru se-Kecamatan Kubu

  • www.nusabali.com-bupati-gede-dana-motivasi-guru-se-kecamatan-kubu

AMLAPURA, NusaBali
Bupati Karangasem I Gede Dana memotivasi semangat guru se-Kecamatan Kubu, dalam rangkaian HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru, di SMAN Kubu, Banjar Tigaron Kangin, Desa Sukadana, Kecamatan Kubu, Karangasem, Sabtu (12/11).

Bupati I Gede Dana menyebutkan, sesuai cita-cita bangsa Indonesia, mencerdaskan kehidupan bangsa, yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945, semuanya dibebankan kepada guru.

Itu artinya pendidikan adalah tulang punggung dari kemajuan suatu bangsa. Pendidikan juga merupakan sumber dari segala sumber kelancaran pembangunan di masa datang.

"Semasih saya duduk di bangku kelas I SMP, saya sekolah di SMPN Kubu, numpang di salah rumah nyama brayanya cukup jauh dari orangtua. Di luar jam sekolah, sambil ngangon kambing," kenangnya.

Selanjutnya semester II, pindah ke SMPN Abang, agar lebih dekat dengan tempat tinggal. "Tetap saja, berjalan cukup jauh dari rumah ke sekolah, melintasi jalan setapak, tegalan, dan sungai kering. Tekad saya hanya satu, agar bisa sekolah," tambah Bupati Karangasem dari Banjar Lebah, Desa Datah, Kecamatan Abang.

Lalu menceritakan dirinya, bukan dari anak pejabat, bukan dari anak pengusaha, tetapi anak petani. Berkat kerja keras, mampu jadi anggota DPRD kemudian Ketua DPRD Karangasem dan terakhir Bupati Karangasem. "Itu berkat pendidikan, maka dari itu seberat apapun tantangan di pendidikan, mesti mampu dihadapi," pesannya memotivasi.

Bupati Karangasem I Gede Dana yang berlatar belakang pendidikan sebagai guru, mengaku memahami permasalahan di semua sekolah, rata-rata kekurangan guru, kondisi gedung mulai keropos, dan persoalan teknis lainnya. "Sementara hanya mampu mendekatkan guru dari tempat tinggalnya ke tempat bertugas, sehingga biaya operasional guru bisa ditekan," alumnus STKIP (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Hindu Amlapura 2006 dan pascasarjana Unhi Denpasar 2009.

Hadir di acara itu, Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem I Wayan Sutrisna, Camat Kubu Nyoman Suratika, Ketua PGRI Kecamatan Kubu I Made Agung Ariyasa, Kepala Bidang Ketenagaan Disdikpora Karangasem I Gusti Nyoman Parnawa, Kasek SMAN Kubu I Ketut Suba, dan segenap kasek se-Kecamatan Kubu.

Di acara itu juga Bupati I Gede Dana menyerahkan bantuan pendidikan kepada siswa kurang mampu. HUT PGRI dan Hari Guru sendiri jatuh setiap tanggal 25 November. *k16

Komentar