nusabali

Karnaval Buleleng Creative Movement, Pamerkan Endek hingga Busana Pengantin

  • www.nusabali.com-karnaval-buleleng-creative-movement-pamerkan-endek-hingga-busana-pengantin

SINGARAJA, NusaBali
Puluhan desain baju anak dan dewasa berbahan endek dan songket khas Buleleng ditampilkan di Buleleng Creative Movement di kawasan Pelabuhan Tua Buleleng,  Sabtu (12/11) sore.

Karya apik dan cantik itu diperagakan oleh model cilik dan dewasa mengundang kekaguman penonton. Selain peragaan busana endek dan songket, busana pengantin khas Buleleng juga menjadi daya tarik.  Model busana pengantin Bali khas Buleleng ini dipersembahkan oleh Himpunan Ahli Rias Pengantin (Harpi) Melati Buleleng.

Buleleng Creative Movement yang berlangsung hingga Minggu (13/11) ini diinisiasi oleh Dinas Pariwisata Buleleng bekerjasama dengan sejumlah komunitas seni dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Buleleng. Tidak hanya pertunjukan fashion dan UKM, tetapi juga berbagai agenda hiburan tari dan musik, hingga talkshow dan diskusi terkait lingkungan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Buleleng Gede Suyasa mengatakan, Buleleng Creative Movement diharapkan jadi tonggak menguatnya ekonomi kreatif di Bali Utara. Menurutnya kreativitas dan adaptasi harus cepat dilakukan untuk menggerakkan ekonomi yang saat ini bergeser di sistem digital.

“Pelaku ekonomi kreatif harus mampu berkolaborasi membentuk ekosistem yang berjalan kontinyu. Tanpa kolaborasi dan adaptasi, maka kita tidak akan berkembang,”  ucap Suyasa.

Dia juga meminta kepada akademi, komunitas dan pelaku bisnis juga mendukung pelaku ekonomi kreatif di Buleleng. Perguruan Tinggi juga didorongnya untuk membuka inkubator ekonomi kreatif, yang mengasah minat dan kemampuan generasi muda yang ingin berkecimpung di dalamnya. *k23

Komentar