nusabali

Wisuda 2022, Politeknik Internasional Bali Usung Tema 'Optimizing Tourism Recovery Toward Indonesia Society 5.0'

  • www.nusabali.com-wisuda-2022-politeknik-internasional-bali-usung-tema-optimizing-tourism-recovery-toward-indonesia-society-50
  • www.nusabali.com-wisuda-2022-politeknik-internasional-bali-usung-tema-optimizing-tourism-recovery-toward-indonesia-society-50
  • www.nusabali.com-wisuda-2022-politeknik-internasional-bali-usung-tema-optimizing-tourism-recovery-toward-indonesia-society-50
  • www.nusabali.com-wisuda-2022-politeknik-internasional-bali-usung-tema-optimizing-tourism-recovery-toward-indonesia-society-50

TABANAN, NusaBali.com – Politeknik Internasional Bali (PIB) menggelar acara Wisuda yang berlangsung di Khatulistiwa Hall pada Jumat, 11 November 2022. Dalam pelaksanaan Wisuda tahun ini, PIB melepas wisudawan dan wisudawati dari Program Studi Culinary Arts (A.Md.Par), Hotel Management (S.Tr.Par), dan Event Management (S.Tr.Par).

Tema yang diangkat tahun ini adalah “Optimizing Tourism Recovery toward Indonesia Society 5.0”. Alasan yang melatarbelakangi pemilihan tema ini adalah optimisme kebangkitan pariwisata Indonesia dan pemanfaatan teknologi digital di dalam prosesnya.

Di tengah kebangkitan pariwisata Indonesia pasca Pandemi COVID-19, Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang ini diharapkan mempunyai kecapakan digital yang baik.

“Penerapan teknologi digital di sektor pariwisata menjadi penting mengingat pola kebiasaan masyarakat saat ini yang cenderung fasih dalam memanfaatkan platform digital, baik dalam tujuan perencanaan dalam bentuk browsing, riset, sampai dokumentasi kegiatan wisata”, ungkap Victor Bangun Mulia, B.Sc., M.B.A. selaku Ketua Panitia Wisuda PIB 2022 sekaligus Kepala Program Studi Hotel Management.

Lebih lanjut, pemilihan tema ini juga relevan dengan Program Studi (Prodi) Digital Business yang akan resmi dibuka dalam waktu dekat. Dengan penambahan Prodi baru ini, Politeknik Internasional Bali diharapkan mampu menghasilkan talenta digital yang mempunyai daya saing tinggi.

“Kami melihat bahwa Bali mempunyai potensi ekosistem digital yang sangat besar dan menjanjikan. Jika hal ini bisa dikelola dengan baik, Bali bisa menjadi rujukan destinasi pariwisata berbasis digital terbaik bagi wisatawan domestik dan internasional”, terang Dr. Paulus Herry Arianto, M.A., C.B.C. yang saat ini menjabat sebagai Wakil Direktur PIB.

Lebih lanjut Dr. Paulus juga menyampaikan Quantum Leap Program dari Yayasan Bali International Training and Development Center (BITDeC) untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) bagi anak negeri.

“Setiap tahunnya kami prioritaskan pemberian Beasiswa PIB Berbagi untuk puteraputeri daerah dari seluruh Kabupaten/Kota di Bali. Kemudian, kami juga mempunyai kuota khusus bagi calon mahasiswa dari daerah Indonesia Bagian Timur. Secara umum, Beasiswa juga kami buka untuk siswa-siswa berprestasi dari seluruh wilayah di Indonesia”, terang Dr. Paulus.

Sebagai kampus pariwisata di Bali, PIB berkomitmen memberikan akses terbaik ke industri bagi mahasiswa maupun lulusannya. Hal ini dibuktikan dengan luasnya jaringan kerjasama PIB dengan industri dan sudah terserapnya 95% dari lulusan 2022 di dunia kerja, bahkan sebelum mereka mengikuti acara Wisuda.

Lulusan Politeknik Internasional Bali yang telah berhasil melanjutkan karir profesional di kancah internasional antara lain adalah Kadek Indra Prawira Dinata, lulusan Prodi Hotel Management yang saat ini sudah bekerja di The Living Adventure by Accor, Doha. Indra, begitu ia biasa disapa, merupakan salah satu mahasiswa berprestasi yang masuk melalui Jalur Beasiswa PIB Berbagi. Kemudian, ada Nur Tasya Safitri lulusan Prodi Culinary Arts yang saat ini bekerja di Atlantis Resorts Dubai, Uni Emirat Arab, sebagai Commis Pastry.

Meskipun harus melawatkan acara Wisuda PIB 2022, namun keduanya telah berhasil mengharumkan nama Politeknik Internasional Bali dan almamaternya.

Selain Indra dan Tasya, wisudawan Reinhard Syahputra Karo-Karo dari Prodi Event Management dan wisudawati Ni Komang Ayu Darma Putri dari Prodi Hotel Management saat ini juga direkrut untuk bekerja di PIB, masing-masing di Departemen Business Development dan Event & Partnership. Keduanya merupakan penerima Beasiswa PIB Berbagi.

"Saya sangat bangga dengan pencapaian lulusan tahun ini. Mereka sudah bekerja keras, sehingga saat ini sebagian besar sudah berhasil terserap di dunia kerja”, demikian disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Anastasia Sulistyawati, M.S., M.M., M.Mis., D.Th., Ph.D., D.Ag selaku Direktur Politeknik Internasional Bali.

Guru Besar yang akrab disapa dengan panggilan Prof. Suli ini juga menyampaikan rasa bangganya untuk penerima Beasiswa PIB Berbagi yang berhasil menyelesaikan pendidikan tepat waktu.

“Bahagia sekali rasanya melihat Beasiswa PIB Berbagi yang saya inisiasi bersama Alm. Dr. Ir. Frans Bambang Siswato, M.M. yang merupakan suami tercinta sekaligus founder dari Politeknik Internasional Bali membawa manfaat baik bagi penerimanya. Semoga ini bisa menjadi bekal bagi mereka melanjutkan karir dan pembuka jalan untuk kehidupan yang lebih baik dan sukses”, tutur Prof. Suli.

Komentar