nusabali

Patroli Laut di Selat Bali Diintensifkan

  • www.nusabali.com-patroli-laut-di-selat-bali-diintensifkan

NEGARA, NusaBali
Jelang KTT G20 di Bali yang akan dilaksanakan pada 15-16 November mendatang, berbagai langkah antisipasi gangguan keamanan terus dimaksimalkan Polres Jembrana.

Tidak hanya memperketat pengamanan darat di areal Pelabuhan Gilimanuk. Namun dari pihak Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Jembrana juga mengintensifkan patroli laut di perairan Selat Bali.

Seperti Jumat (11/11), Satpolairud Polres Jembrana yang juga bersiaga di Gilimanuk, turun mengerahkan kapal boat untuk melakukan pemantauan situasi di seputar perairan Selat Bali yang menjadi jalur kapal penyeberangan lintas Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk.

Selain memantau situasi di jalur kapal penyeberagan, juga dilakukan penyisiran ke arah selatan dan ke arah timur hingga perairan Desa/Kecamatan Melaya. Dalam patroli laut itu, petugas juga sempat menyambangi beberapa kapal nelayan untuk melakukan pemeriksaan. Termasuk menyampaikan pesan untuk ikut menjaga situasi keamanan di perairan Selat Bali dan sekitarnya.

Kasat Polairud Polres Jembrana AKP I Putu Raka Wiratma mengatakan, kegiatan patroli laut ini, ditingkatkan selama Operasi Puri Agung dalam rangka pengamanan KTT G20. Selama Operasi Puri Agung yang akan  berlangsung hingga Kamis (17/11) mendatang, ada puluhan personel Saptolairud Polres Jembrana dan 4 armada laut Polair yang disiagakan di Gilimanuk.

Keempat armada terbsebut, 1 perahu karet dan 3 kapal patroli yang telah dilengkapi radar dan GPS. "Patroli laut ini kita rutin lakukan setiap hari. Dalam sehari, kita laksanakan sampai empat kali. Baik siang dan malam," ujar AKP Raka yang juga selaku Perwira Pengendali (Padal) Sub Satuan Tugas (Subsatgas) Pengamanan Perairan Wilayah Gilimanuk ini.

Selain di perairan Selat Bali, AKP Raka mengaku, ada 14  titik perairan ataupun pesisir tempat pelabuhan tradisional di Jembrana yang menjadi atensi selama pengamanan KTT G20. Pengawasan di 14 titik pelabuhan tradisional tersebut juga terus ditingkatkan melalui patroli laut maupun patroli pesisir dari masing-masing Polsek.

“Kita juga selalu mengimbau para masyarakat nelayan ikut menjaga keamanan di lingkungan mereka. Dengan berbagai upaya itu, mudah-mudahan situasi keamanan di Bali tetap kondusif," ucap AKP Raka. *ode

Komentar