nusabali

Pasca Peresmian Pelabuhan Segitiga Emas oleh Presiden Jokowi, Perjalanan ke Nusa Penida Jadi Lebih Nyaman

  • www.nusabali.com-pasca-peresmian-pelabuhan-segitiga-emas-oleh-presiden-jokowi-perjalanan-ke-nusa-penida-jadi-lebih-nyaman

SEMARAPURA, NusaBali
Pasca peresmian Pelabuhan Segitiga Emas, yakni Pelabuhan Sanur di Kota Denpasar, Sampalan di Nusa Penida, dan Bias Munjul di Nusa Ceningan, Kabupaten Klungkung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Buda Wage Ukir, Rabu (9/11) disambut baik oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta karena akan membuat perjalanan ke Nusa Penida semakin nyaman, baik wisatawan, pamedek yang hendak tangkil ke sejumlah Pura di Nusa Penida maupun warga lokal.

Bupati Suwirta juga optimis pelabuhan ini dapat mendongkrak pertumbuhan pariwisata Nusa Penida.  "Saya yakin hal ini dapat mendongkrak pariwisata di Nusa Penida yang tentunya juga akan berdampak pada perekonomian masyarakat Klungkung pada umumnya," kata Bupati Suwirta, Jumat (11/11). Upaya pengembangan infrastruktur dan penunjang pariwisata di Kabupaten Klungkung khususnya di kawasan tiga pulau, yakni Nusa Penida, Nusa Ceningan, dan Nusa Lembongan, masih terus dijalankan walaupun masih dalam pengembangan. "Tahun 2022 ini telah terserap senilai Rp 60 miliar untuk penuntasan perbaikan jalan yang sudah tertangani memakai sistem pengaspalan cold mix," imbuh Bupati Suwirta.

Bupati asal Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Nusa Penida ini juga mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada Presiden Jokowi beserta jajaran kementerian terkait yang saling bekerjasama, dan tentunya kepada Gubernur Bali Wayan Koster atas terwujudnya mimpi masyarakat di Kabupaten Klungkung, yakni Pembangunan Pelabuhan Segitiga Emas.

Terpisah, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Klungkung, I Wayan Kariana juga memastikan dengan diresmikannya pelabuhan menuju Nusa Penida tersebut, wisatawan akan dibuat lebih nyaman.

Jika selama ini para wisatawan yang datang ke Nusa Penida harus mengangkat koper atau berjalan melalui bibir pantai untuk menuju kapal, saat ini melalui Pelabuhan Sampalan dan Pelabuhan Bias Munjul akan membuat para wisatawan lebih nyaman, karena kini sudah ada pelabuhan yang langsung terkoneksi dengan kapal dan bagasi koper yang lebih luas. "Sehingga wisatawan dapat tinggal lebih lama di Nusa Penida," kata Kariana.

Kariana juga mengajak wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang belum pernah ke Nusa Penida sebaiknya segera merencanakan berwisata ke pulau dengan julukan ‘Blue Paradise Island’ ini, karena panorama indah seperti di Tanjung Juntil, Pantai Atuh, Diamond Beach, Molenteng, Bukit Teletabis, Pantai Banah/ Batu Cincin, Pantai Tembeling, Pantai Kelingking, Pantai Lumangan, Crocodile Beach atau Pantai Pandan, Teluk Lengantung, Broken Beach atau Pasih Uug dan Anggel Billabong, dan objek wisata favorit lainnya.

Sebelumnya,  Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Mensesneg Pratikno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Gubernur Bali Wayan Koster meresmikan Gedung VVIP Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai ‘Kreta Bhawana Sanggraha’ serta Pelabuhan Segitiga Emas pada, Rabu 9 November lalu. *wan

Komentar