nusabali

400 Aparat Gabungan Amankan Hari Pertama Pesta Rakyat HUT Ke-13 Mangupura

  • www.nusabali.com-400-aparat-gabungan-amankan-hari-pertama-pesta-rakyat-hut-ke-13-mangupura
  • www.nusabali.com-400-aparat-gabungan-amankan-hari-pertama-pesta-rakyat-hut-ke-13-mangupura

MANGUPURA, NusaBali.com – Sebanyak 400 aparat gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, BPBD, dan Linmas disiagakan untuk mengamankan malam Pesta Rakyat HUT Ke-13 Mangupura, Jumat (11/11/2022) sore.

Giat pengamanan ini dikoordinasikan oleh Polres Badung bekerja sama dengan Bagian Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Badung sebagai penanggung jawab acara Pesta Rakyat.

“Pengamanan yang dilakukan pada sore hari ini tidak menggunakan senpi (senjata api) atau gas air mata,” tegas Wakapolres Badung Kompol I Ketut Dana pada saat apel pengamanan di Nista Mandala Pura Lingga Bhuana, Puspem Badung, Jumat sore.

Pengamanan tersebut dibagi menjadi tiga ring. Ring pertama mencakup area panggung utama yang menjadi tempat pertunjukan para pengisi acara dari artis lokal dan nasional. Ring kedua mencakup wilayah Lapangan Puspem Badung yang menjadi kawasan stand UMKM. 

Kemudian, untuk ring ketiga berada di luar wilayah stand pameran termasuk yang berada di halaman parkir Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Badung.

“Selain itu, penempatan parkir untuk pengunjung juga sudah ditentukan berada di area timur dan selatan Puspem Badung. Aparat akan disiagakan di lokasi untuk mengarahkan pengunjung ke kantong parkir agar tidak terjadi kepadatan,” terang Kompol Dana.

Terpantau di lapangan, Polres Badung juga akan melakukan pengamanan tertutup dengan mengerahkan petugas berpakaian sipil untuk berbaur di tengah kerumunan pengunjung.

Menyikapi kasus-kasus pembubaran acara dengan pengunjung yang melebihi kapasitas, kata Kompol Dana, dari hasil perencanaan pengamanan belum ada potensi dan indikasi overload pada acara Pesta Rakyat HUT Ke-13 Mangupura ini. Hal ini disampaikan Kompol Dana berdasarkan perhelatan kegiatan serupa sebelumnya di Puspem Badung.

“Lapangan Puspem Badung yang cukup luas dengan kondisi outdoor, juga melihat dari kegiatan-kegiatan sebelumnya yang dilaksanakan di Puspem, kami prediksi lapangan tersebut cukup untuk menampung pengunjung,” jelas Kompol Dana kepada NusaBali.com usai memimpin apel.

Pada malam pertama Pesta Rakyat ini beberapa pengisi acara besar akan tampil. Dari pengisi acara lokal akan hadir Bagus Wirata pada pukul 18.30 Wita kemudian disusul Joni Agung & Double T pada pukul 19.30 Wita.

Menjelang paruh akhir acara, pengisi acara nasional akan hadir. Ada Wika Salim yang tampil pada pukul 20.30 Wita. Malam pertama Pesta Rakyat ini akan ditutup oleh JRX, drumer band SID yang akan tampil hingga pukul 22.30 Wita. *rat

Komentar