nusabali

HUT Ke-13 Mangupura Dirangkaikan HKN 2022

  • www.nusabali.com-hut-ke-13-mangupura-dirangkaikan-hkn-2022

MANGUPURA, NusaBali.com – Perayaan HUT ke-13 ibukota Kabupaten Badung dirangkaikan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 yang jatuh pada 12 November 2022.

Selain dirayakan lebih awal dari hari jadinya yakni tanggal 16 November karena perhelatan acara puncak KTT G20, perayaan ibukota tingkat dua paling belia di Bali ini juga dikemas bertema kesehatan lantaran bersamaan dengan HKN tahun 2022.

“Selamat pagi! Hari ini kita sehat semua, betul?” seru Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta ketika memberi sambutan usai giat jalan santai dan senam Garbasari di Lapangan Puspem Badung, Jumat (11/11/2022) pagi.

Pada momentum ini pula, Giri Prasta menyampaikan apresiasi kepada tenaga kesehatan di Kabupaten Badung yang telah berkontribusi besar dalam ‘menyelamatkan’ rakyat Badung. Kata Bupati Badung asal Pelaga, Kecamatan Petang ini, berkat para tenaga kesehatan yang memprioritaskan masyarakat di atas kepentingan pribadi, kini Badung bisa pulih dari pandemi Covid-19.

“Atas nama pribadi, pemerintah, dan masyarakat Badung, saya mengucapkan terima kasih kepada para pahlawan kesehatan, tenaga medis, yang telah mengorbankan pikiran, waktu, dan keluarga untuk menyelamatkan Kabupaten Badung dari Covid-19,” ujar Giri Prasta.

Preseden pandemi ini, lanjut Giri Prasta, menjadi peringat dan cambuk bahwa di era industrialisasi 4.0 menuju 5.0 ini dunia kesehatan di Kabupaten Badung harus berbenah dan adaptif terhadap perkembangan zaman. Penggunaan teknologi canggih dan mutakhir di dunia medis merupakan sebuah keniscayaan.

“Selain itu, hari ini Dinas Kesehatan dan organisasi kewanitaan di Kabupaten Badung membagikan bantuan sosial hari ini. Semoga Tuhan merestui dan krama sareng sami (sekalian) dapat mendukung acara kita ini,” harap Giri Prasta.

Sehubungan peringatan HKN ke-58 tahun ini yang mengangkat tema ‘Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku’, Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, serta organisasi kewanitaan di Kabupaten Badung membagikan sejumlah bantuan kepada masyarakat.

Adapun bantuan yang diserahkan secara simbolis pada hari pertama perayaan HUT ke-13 Mangupura ini menyasar 3771 penyandang disabilitas dan 50 keluarga rawan dan berisiko stunting di Kabupaten Badung. Selain itu, disasar pula 30 individu penderita PMP (Pseudomyxoma peritonei). *rat

Komentar