nusabali

Dari Press Tour Forward Bali ke DPRD DKI Jakarta

Humas Lebih Gencar di Medsos Sosialisasikan Kegiatan Dewan

  • www.nusabali.com-dari-press-tour-forward-bali-ke-dprd-dki-jakarta

DENPASAR, NusaBali
Warga Kota Jakarta dapat memanfaatkan berbagai aplikasi media sosial (medsos) DPRD DKI Jakarta, untuk mengetahui berbagai kegiatan dan kebijakan yang dikeluarkan para wakil rakyat di gedung dewan.

Bahkan, Humas DPRD DKI Jakarta mengaku, sosialisasi di medsos lebih gencar, karena menganggap penting hak warga kota mendapatkan informasi soal kinerja para wakilnya.

“DPRD DKI Jakarta menyiapkan informasi dan berita secara lengkap melalui berbagai platform,” ujar Kasubag Dokumentasi dan Humas DPRD Provinsi DKI Jakarta Tri Indra Gunawan saat menerima kunjungan Forum Wartawan DPRD (Forward) Bali, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (9/11).

Indra Gunawan, mengatakan pihaknya memiliki Tim Humas yang cukup lengkap untuk menghadirkan informasi setiap harinya. Selain melalui website DPRD DKI Jakarta, masyarakat dapat mengakses berita dan informasi terkait DPRD DKI Jakarta pada medsos seperti YouTube, Instagram, Facebook, atau Twitter milik DPRD DKI Jakarta.  

"Tim media kami berjumlah 21 orang. Bagi yang meliput kegiatan DPRD, ada yang bertindak sebagai kameramen, fotografer, reporter, penulis skrip, editor dan sebagainya. Jadi, kami kelola sendiri," jelas Indra Gunawan.

Indra Gunawan menambahkan, sebagian besar anggota tim Humas DPRD Provinsi Bali memiliki pengalaman jurnalistik, sehingga dalam proses peliputan berbagai kegiatan DPRD Provinsi DKI Jakarta, tidak menjadi kendala yang berarti. Termasuk ketika menggelar acara podcast.

Podcast merupakan salah satu program kreatif yang dimiliki Humas DPRD DKI Jakarta. "Untuk memproduksi podcast, ruangan dibuat, peralatannya milik sendiri, dan narasumbernya para Anggota Dewan," ujar Indra Gunawan.

Lebih jauh disampaikan Indra Gunawan, meskipun pihaknya memiliki tim Humas yang cukup lengkap, setiap kegiatan DPRD Provinsi DKI Jakarta terbuka dengan peliputan dari media eksternal cetak maupun online. Peliputan dari media eksternal tersebut, kata Indra Gunawan, tentu dibutuhkan sebagai berita penyeimbang. "Teman-teman media tetap bisa meliput, tetapi intinya kami juga memiliki humas sendiri untuk meliput. Hasil yang diliput, dipublikasikan di web kami. Termasuk program dan kegiatan dewan, hasil rapatnya apa dan sebagainya," katanya.

Diakuinya, selama pandemi Covid-19 pihaknya terpaksa juga menyetop kerjasama advertorial dengan media eksternal. Namun pada tahun depan, kerjasama tersebut direncanakan akan dijajaki kembali.

Sementara, Kabag Persidangan dan Fasilitasi DPRD Bali I Gusti Agung Nyoman Alit Wikrama mengatakan kunjungan ke DPRD Provinsi DKI Jakarta merupakan rangkaian agenda studi tiru yang dilakukan terkait dengan sistem transportasi publik terintegrasi. "Inovasi podcast yang diterapkan di DPRD DKI Jakarta ini bisa kita coba adopsi di Bali," ucapnya didampingi Kasubag Tata Usaha, Kepegawaian, Humas dan Protokol DPRD Bali I Kadek Putra Suantara. *cr78.

Komentar