nusabali

Cegah Terorisme, Kesbangpol Gelar Sosialisasi

  • www.nusabali.com-cegah-terorisme-kesbangpol-gelar-sosialisasi

SINGARAJA, NusaBali
Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Buleleng menggelar sosialisasi pencegahan tindak pidana terorisme dalam rangka menyukseskan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali, Kamis (10/11) di ruang rapat Kantor Camat Buleleng.

Kegiatan ini dipimpin Kepala Badan Kesbangpol Buleleng, Komang Kappa Tri Aryandono. Hadir Kepala Sub-Direktorat Kontra Ideologi Direktorat Pencegahan Densus 88 Mabes Polri sekaligus sebagai narasumber, Kombes Pol Ponco Ardani; Kasat Intel Polres Buleleng, AKP Nyoman Mistanada; Camat Buleleng, Dwi Adnyana; serta para Lurah se-Kecaman Buleleng, Seririt dan Sukasada.

Kepala Badan Kesbangpol Buleleng, Kappa Tri Aryandono mengatakan, sosialisasi bersama Densus 88 Mabes Polri ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman aparatur pemerintah khususnya wilayah perkotaan terkait strategi pencegahan maupun penanganan radikalisme dan terorisme.

"Kami sudah tekankan antisipasi kemungkinan ada timbulnya sifat intoleransi, radikalisme hingga aksi terorisme. Selain fokus di lokasi dan sekitarnya, kami juga harapkan ikut menerapkan langkah-langkah pencegahan dan pengamanan even KTT G20 di Bali, agar masyarakat waspada dan peduli lingkungan," kata Kappa.

Sosialisasi ini juga selain untuk dapat meningkatkan pemahaman aparat pemerintah daerah di wilayah kota (kelurahan), juga sebagai bentuk kewaspadaan dini terhadap kemungkinan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat event KTT G20 di Bali berlangsung. "Ini bentuk kewaspadaan, terkait dengan radikalisme dan terorisme di daerah serangkaian dilaksanakan KTT G20 tahun 2022 ini di Bali," pungkas Kappa. *mz

Komentar