nusabali

Diterjang Angin, Dapur Warga Ban Roboh

  • www.nusabali.com-diterjang-angin-dapur-warga-ban-roboh

AMLAPURA, NusaBali
Dapur warga Ni Nengah Suar Yang, 36, di Banjar Temakung, Desa Ban, Kecamatan Kubu, Karangasem, Selasa (8/11), roboh, akibat diterjang angin kencang. Dapur sederhana itu beratap genteng dan dinding daun nyiur. Kerugian diperkirakan Rp 20 juta.

Dapur yang roboh itu, bagian genteng dan dinding jatuh berserakan, sehingga barang-barang dapur ikut rusak. Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa memantau situasi di lapangan, sambil membawa bantuan, sembako, kompor gas, dan regulator.

"Kami datang sambil mengedukasi masyarakat agar lebih berhati-hati menghadapi cuaca ekstrem. Apalagi tinggal di daerah atas, rentan tertiup angin kencang," jelas Ida Bagus Ketut Arimbawa.

Bencana alam belakangan ini, sulit diduga, katanya jika tinggal di bantaran sungai rentan diterjang banjir bandang, tinggal di dekat tebing rawan kena longsor dan tinggal di tengah ladang rentan kena pohon tumbang. Itulah sebabnya, perlu meningkatkan kewaspadaan.

Ida Bagus Ketut Arimbawa membawakan bantuan untuk korban dapur roboh untuk meringankan beban korban, paling tidak kompor korban yang rusak, masih bisa memasak dengan menggunakan kompor bantuan.

"Kalau bantuan, kami selalu tersedia. Begitu juga chainsaw untuk menangani pohon tumbang, selalu siap pakai," tambahnya.

Perbekel Ban, Kecamatan Kubu I Gede Tamu Sugiantara mengapresiasi bantuan dibawakan petugas BPBD. Karena bantuan itu sangat dibutuhkan warga, lebih-lebih oleh warga yang sedang tertimpa bencana. *k16

Komentar