nusabali

Venue KTT G20 Dipasangi Layar Monitor Informasi Cuaca

  • www.nusabali.com-venue-ktt-g20-dipasangi-layar-monitor-informasi-cuaca

MANGUPURA, NusaBali
Dalam rangka memudahkan peserta KTT G20 memperoleh informasi cuaca dan kegempaan, BMKG melalui BBMKG Wilayah III Denpasar memasang display indoor atau layar monitor prakiraan cuaca.

Layar monitor tersebut langsung dipasang di venue KTT G20. Koordinator Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah III Denpasar I Nyoman Gede Wiryajaya, mengatakan layar monitor prakiraan cuaca dipasang oleh petugas di dua lokasi venue KTT G20, yaitu di Hotel Apurva Kempinski dan BNDCC. Layar monitor prakiraan tersebut akan menyajikan menu terkait meteorologi, klimatologi, dan geofisika. “Jadi peserta KTT G20 bisa memperoleh informasi terkait cuaca saat itu juga,” katanya, Selasa (8/11).

Tidak itu saja, Wiryajaya menambahkan juga telah memasang perangkat sistem peringatan dini atau Early Warning System (EWS) pada titik sekitar 190 meter dari pantai dekat Hotel Apurva Kempinski. Alat tersebut akan memberitahukan timbulnya kejadian alam, seperti bencana maupun tanda tanda alam lainnya.

Di samping itu, lanjut Wiryajaya, BMKG juga menyediakan dua tautan untuk dapat mengakses informasi cuaca. Pertama, tautan https://publik.bmkg.go.id/g20/ yang memuat informasi prakiraan cuaca, lengkap dengan informasi cuaca per jam, suhu udara, serta kekuatan angin. Selain itu juga berisikan grafis pemantauan cuaca.

Sedangkan kedua, yakni tautan dengan alamat https://inatews.bmkg.go.id/wrs/index.html. Tautan tersebut memuat informasi khusus mengenai kegempaan di wilayah Indonesia.

“Tamu dan delegasi dapat mengakses segala ancaman kebencanaan serta mitigasinya. Jika terjadi keadaan darurat, seperti gempa, kami segera menyebarkan informasi ke seluruh lini dan terhubung ke Command Center ITDC, serta Posko Puja Mandala (Pusdalops BPBD Bali),” kata Wiryajaya. *asa

Komentar