nusabali

Prodi MBI Politeknik Negeri Bali Gelar Pelatihan Digital Marketing dan Pelayanan Prima bagi Yowana Desa Sesetan

  • www.nusabali.com-prodi-mbi-politeknik-negeri-bali-gelar-pelatihan-digital-marketing-dan-pelayanan-prima-bagi-yowana-desa-sesetan

DENPASAR, NusaBali.com - Politeknik Negeri Bali (PNB) melalui Jurusan Administrasi Niaga (AN) Program Studi Sarjana Terapan Manajemen Bisnis Internasional (MBI) menyelenggarakan pelatihan digital marketing dan pelayanan prima untuk para entrepreneur muda yowana Desa Sesetan di Kantor Desa Sesetan Jalan Gurita Denpasar.

Kegiatan Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat  (P3M) yang dilaksanakan pada Sabtu (29/10/2022) tersebut merupakan salah satu perwujudan dari Tri Darma Perguruan Tinggi yang mewajibkan pihak kampus senantiasa mengimplementasikan dan menyumbangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki dalam usaha menunjang kesejahteraaan masyarakat luas. Apalagi yowana Desa Sesetan diketahui telah menjalankan bisnis yang sebagian besar dikelola secara online. 

“Dalam usaha meningkatkan kemampuan dan literasi teknologi digital internet bagi para Yowana Desa Sesetan, maka Prodi MBI Jurusan AN PNB menyelenggarakan pelatihan Digital Marketing serta Pelayanan Prima,” ujar Ni Kadek Dessy Hariyanti selaku Ketua PIC kegiatan.

Kegiatan yang juga  dihadiri Bendesa Adat Sesetan, Jero Made Widra ini diikuti 25 peserta dari 9 perwakilan banjar di Desa Sesetan.

“Saya berharap hubungan antara masyarakat dan kampus tetap terjaga dan berkesinambungan dalam usaha mendukung kegiatan dan pengembangan masyarakat,” ujar Ketua Program Studi MBI, Cokorda Gede Putra Yudistira, dalam sambutannya sekaligus membuka pelatihan.

Dalam kesempatan yang sama, Bendesa Adat Sesetan, Jero Made Widra berharap kegiatan sejenis ini dapat terus dilaksanakan secara berkesinambungan dan tetap berbagi pengetahuan kepada mayarakat luas, terutama Desa Sesetan dalam usaha peningkatan sumber daya serta kesejahteraan masyarakat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak kampus (PNB) dan sangat mendukung kegiatan pelatihan ini. Semoga kegiatan ini dapat dimanfaatkan oleh para yowana untuk pengembangan keterampilan diri, terutama dalam mengelola usaha online yang telah dilakoni,” ujar Bendesa Jero Made Widra.

Dalam pelatihan ini, dihadirkan narasumber Dosen Jurusan Administrasi Niaga, Kadek Eni Marhaeni dan Kadek Dwi Cahaya Putra yang memberikan materi tentang pelayanan prima yang diberikan bagi customer dalam interaksi langsung maupun online dan optimasi pengelolaan konten digital pada berbagai posting di sosial media.

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.30 Wita, para narasumber memberikan edukasi perihal penggunaan sosial media dalam proses bisnis yang memberikan kebebasan bagi customer untuk memberikan tanggapannya lewat kolom komentar baik berupa masukan maupun komplain. 

Para peserta pun terlihat antusias ketika diajak untuk membuat perencanaan kalender konten yang harus dipersiapkan sesuai dengan konten pilar dan target audiens yang disasar.  

Selain kegiatan pelatihan, dalam usaha meningkatkan literasi teknologi digital juga dilaksanakan kegiatan focus group discussion (FGD) antara pihak kampus dengan pihak pengelola desa dan sabha yowana  untuk mendapatkan masukan dalam pengembangan sistem informasi berbasis elektronik yang dapat mendukung dalam pengelolaan organisasi. 

“Proses dan manajemen pengelolaan organisasi menjadi masukan dalam tahap perencanan dan analisis penyusunan desain sistem informasi yang diusulkan untuk dapat dikembangkan dalam kegiatan selanjutnya,” papar Ketua PIC kegiatan, Ni Kadek Dessy Hariyanti.

Sebagai informasi tambahan, Jurusan Administrasi Niaga PNB memiliki 5 program studi (prodi) serta 1 Program RPL (Recognisi Pembelajaran Lampau) dimana informasi detail  dapat diakses di laman www.bisnis.pnb.ac.id. *ris

Komentar