nusabali

PN Badung Perlu Rp 53M Lagi

Proyek PN Badung di Belakang Terminal Mengwi yang Mangkrak

  • www.nusabali.com-pn-badung-perlu-rp-53m-lagi

Dari anggaran Rp 16 miliar yang dikucurkan sudah habis digunakan untuk pondasi, kolom, balok dan plat lantai.

DENPASAR, NusaBali

Proyek pembangunan Pengadilan Negeri (PN) Badung di belakang Terminal Mengwi, Badung yang mangkrak dan terbengkalai selama dua tahun lebih ternyata sudah menelan anggaran Rp 16 miliar dari APBD Badung. Saat ini diperlukan anggaran Rp 53 miliar lagi untuk menyelesaikan gedung dan rumah dinas hakim.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Badung, IB Surya Suamba membenarkan jika proyek PN Badung tersebut sudah menelan biaya Rp 16 miliar dari APBD Badung tahun 2020. Disebutkan, dari anggaran Rp 16 miliar yang dikucurkan sudah habis digunakan untuk pondasi, kolom, balok dan plat lantai.

“Untuk penuntasan perlu Rp 53 miliar lagi,” tegasnya. Saat ditanya luas dan detail proyek PN Badung ini, Surya Suamba berdalih lupa. “Datanya ada di kantor,” ujarnya via WhatsApp pada Senin (7/11) malam.

Sementara itu, Juru Bicara PN Denpasar, Gde Putera Astawa kembali menegaskan terkait kelanjutan dan perkembangan pembangunan gedung PN Badung. Ditegaskan jika pembangunan PN Badung menjadi kewenangan Pemkab Badung sebagai pemilik pekerjaan. “Karena gedung dan lahan untuk PN badung adalah inisiatif pemkab,” tegas Putera Astawa.

Sementara MA disebutkan hanya mengusulkan untuk pembukaan wilayah hukum PN Badung yang sampai saat ini masih berproses. ”Belum ada SK resmi dari MA,” pungkas Putera Astawa.

Seperti diketahui, janji Pemkab Badung dibawah komando Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta untuk membangun Pengadilan Negeri (PN) Badung hingga kini tak terealisasi. Bangunan berupa pondasi di lahan di di belakang Terminal Mengwi, Badung kini mangkrak dan terbengkalai. Pantauan NusaBali di lokasi pada Selasa (10/11) nampak pondasi yang sudah dikerjakan di beberapa bagian kini ditumbuhi semak belukar. Selain itu, beberapa sudut bangunan sudah nampak rusak karena lama terbengkalai.

Pembangunan PN Badung yang berlokasi di belakang Terminal Mengwi dan Kejari Badung ini sudah dimulai sejak Februari 2020 lalu. Pembangunan Pengadilan Negeri Badung akan menggunakan dua tahun anggaran (multiyears) dari APBD Pemkab Badung. Total anggaran yang disiapkan sebesar Rp 70 miliar. Untuk anggaran tahun 2020, Pemkab Badung menyiapkan dana Rp 16,4 miliar. Anggaran pembangunan kantor Pengadilan Negeri yang mencapai Rp 70 miliar tersebut tidak hanya akan digunakan untuk pembangunan gedung pengadilan. Namun juga direncakan untuk pembangunan fasilitas lainnya seperti rumah dinas para hakim. *rez

Komentar