nusabali

Mendag Ajak Masyarakat Belanja di Pasar Rakyat

  • www.nusabali.com-mendag-ajak-masyarakat-belanja-di-pasar-rakyat

KEBUMEN, NusaBali
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengajak masyarakat untuk berbelanja di pasar rakyat guna membantu menggeliatkan perekonomian para usaha mikro kecil menengah (UMKM), demikian disampaikan ketika memantau harga bahan kebutuhan pokok di Kebumen.

"Saya mengajak semua ayo belanja di pasar rakyat. Harganya ekonomis sekaligus membantu para usaha mikro kecil menengah (UMKM) agar bisa lebih maju berkembang," kata Mendag saat mengunjungi Pasar Rakyat Tumenggung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Jumat.

Mendag menyampaikan, saat ini pasar sudah semakin maju pelayanannya, di mana beberapa pasar rakyat sudah banyak yang melakukan transaksi pembelian secara online, salah satunya melalui marketplace.

Bahkan, lanjut Mendag, masyarakat Kebumen dapat meninjau harga bahan kebutuhan pokok (bapok) secara langsung melalui aplikasi Simbok (Sistem Informasi Kebutuhan Pokok).

"Di situ nanti ketahuan, kebutuhan pokok harganya berapa, itu ada semua daftarnya, setiap hari bisa terpantau," ujar Mendag seperti dilansir Antara.

Pada kunjungan tersebut, Mendag juga untuk memastikan harga kebutuhan pokok di Pasar Tumenggung terkendali.

Menurut pantauan Mendag, harga bawang merah di Pasar Tumenggung yakni Rp25.000 per kilogram (kg), cabai merah Rp30.000 per kg, telur Rp26.000 per kg, dan daging ayam Rp30.000 per kg.

Mendag menambahkan, jika terjadi lonjakan harga, pemerintah daerah maupun pusat bisa melakukan subsidi pangan.

"Kami juga sudah mensubsidi harga kedelai dan jagung. Nanti kedelai akan turun harganya akhir Desember. Turun jadi Rp10 ribu," kata Mendag.

Pada kesempatan itu, Mendag juga turut memberikan kupon sebanyak 2.200 kupon untuk dibagikan kepada masyarakat. Dengan kupon tersebut, masyarakat bisa langsung belanja di pasar dengan nilai belanjanya per kupon sebesar Rp10 ribu. *

Komentar