nusabali

Pura Dalem Alit Natar Sari Batanbuah Laksanakan Karya Ngaratep

  • www.nusabali.com-pura-dalem-alit-natar-sari-batanbuah-laksanakan-karya-ngaratep

MANGUPURA, NusaBali.com – Pangempon Pura Dalem Alit Natar Sari di Banjar Batanbuah, Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani, Kecamatan Abiansemal, Badung melaksanakan Karya Ngaratep.

Ritual Ngaratep Patapakan Sasuhunan Ratu Mas Alit ini dilaksanakan pada Wrespati Pon Landep, Kamis (3/11/2022). Ritual ngaratep ini merupakan tahap penyatuan tapakan sasuhunan dengan sang angga yang dilanjutkan dengan ritual Pasupati atau lebih awam disebut 'ngerehang' bertempat di Pura Dalem Gede Desa Adat Abiansemal.

Ritual ngaratep ini merupakan bagian dari serangkaian Karya Mapahayu Pura Dalem Alit Natar Sari yang dimulai pada Wrespati Kliwon Kelawu, Kamis (6/10/2022) lalu melalui Karya Ngetus atau melepaskan tapakan sasuhunan dari sang angga.

Kemudian, pasca ritual ngaratep dan pasupati ini, ritual-ritual lainnya akan terus berlanjut seperti Karya Malasti yang akan dilaksanakan pada hari Tumpek Landep, Saniscara Kliwon Landep, Sabtu (5/11/2022) mendatang.

Sehari setelah dilaksanakan Karya Melasti, Sasuhunan Ratu Mas Alit akan turun menapaki pertiwi dan menyaksikan panjak-Nya. Ritual yang disebut napak pertiwi ini akan dilaksanakan pada Redite Umanis Ukir, Minggu (6/11/2022).

“Dari segi persiapan Karya Mapahayu di Pura Dalem Alit Natar Sari ini kami laksanakan sudah sejak 2 Oktober lalu dan akan berakhir dengan nyineb pada Minggu malam,” ujar Manggala Karya I Made Buda Yasa di sela-sela acara.

Sementara itu, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta yang turut hadir dalam ritual ngaratep ini memberi dukungan kepada pangempon Pura Dalem Alit Nata Sari berupa bantuan dana upakara dari Pemkab Badung sebesar Rp 225 juta. Selain itu, Giri Prasta juga menyerahkan bantuan dana pribadi senilai Rp 15 juta.

“Krama sejauh ini dananya kebanyakan habis di adat, maka dari itu pemerintah hadir untuk meringankan beban masyarakat melalui dukungan langsung terhadap Karya Ngaratep Ida Sasuhunan Ratu Mas Alit yang berstana di Pura Dalem Alit Natar Sari ini,” ucap Giri Prasta dalam sambrama wacananya.

Kata Bupati Badung asal Pelaga, Kecamatan Petang ini, dukungan berupa dana tersebut merupakan bagian dari langkah Pemkab Badung dalam giat pelestarian aktivitas adat, agama, dana budaya di kabupaten berlambang keris. *rat

Komentar