nusabali

Bupati Suwirta Bahas Rancangan Rumah KK Miskin di Kementerian Sosial

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-bahas-rancangan-rumah-kk-miskin-di-kementerian-sosial

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta berkunjung ke Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial RI di Jakarta, Selasa (1/11).

Bupati Suwirta bertemu langsung dengan Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Robben Rico dan Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Edi Suharto. Pertemuan singkat itu membahas rancangan rumah KK miskin dan tempat pemberdayaan.

Puluhan KK miskin di Klungkung tidak memilik tempat tinggal, bahkan banyak dari mereka tak memiliki tanah pribadi untuk ditempati. Dalam satu desa saja, ada puluhan warga miskin yang harus tinggal di lahan garapan milik orang lain. Bupati Suwirta mengatakan, rencana pembangunan rumah KK miskin tersebut tidak hanya sebagai tempat tinggal, juga sebagai lahan pemberdayaan bagi masyarakat dengan pekarangan yang disiapkan untuk bercocok tanam. Sehingga masyarakat dapat memanfaatkan lahan pekarangan di samping perumahan untuk menanam sayuran.

Bupati Suwirta akan mengusulkan permohonan tanah provinsi untuk bisa dibangun rumah sederhana bagi puluhan KK kurang mampu. “Konsep ini sudah saya rancang sejak lama, melihat puluhan KK miskin di Klungkung banyak yang tidak punya tempat tinggal. Gayung bersambut rencana ini disambut langsung Ditjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial,” ujar Bupati Suwirta.

Robben Rico menyambut baik rencana pembangunan rumah KK miskin dan sekaligus tempat pemberdayaan yang diusulkan. Rico meminta Pemkab Klungkung menyiapkan lahannya, tanpa menunggu lama rumah tipe 36 akan dibangun langsung dari Kementerian Sosial. Bupati Suwirta juga berkunjung ke Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan dan bertemu langsung Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan, Sugito.

Bupati Suwirta juga bertemu Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno di Kementerian Perhubungan. Bupati juga berkunjung ke Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif dan bertemu Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I, Ni Made Ayu Marthini. Pertemuan ini untuk mempromosikan destinasi pariwisata di Kecamatan Nusa Penida, Klungkung. *wan

Komentar