nusabali

Omzet Toko Gibran Mendadak Meningkat Pesat, Ternyata Ini yang Dilakukan

  • www.nusabali.com-omzet-toko-gibran-mendadak-meningkat-pesat-ternyata-ini-yang-dilakukan

JAKARTA, NusaBali.com – Dua tahun setelah berdiri, Toko Gibran membuat langkah berani dengan berjualan berbagai produk digital, seperti pulsa, token listrik, paket data dan pembayaran tagihan angsuran kredit. Hasilnya, omzet harian Toko Gibran meningkat dua kali lipat dibandingkan sebelumnya.

Toko milik Titin Lestari yang berada di Medan, Sumatera Utara, mendapatkan kemudahannya setelah menjadi Mitra Tokopedia untuk berjualan.
 
“Saya  mendirikan warung di 2017, selanjutnya bergabung menjadi Mitra Tokopedia pada 2019. Omzet harian warung saat ini mencapai jutaan rupiah, dua kali lipat dibanding sebelum menggunakan Mitra Tokopedia,” kata Titin. 

Karena tokonya lebih ramai pengunjung sejak menggunakan Mitra Tokopedia, Titin kerap membantu warga sekitar yang ingin menitipkan barang dagangan. 

“Warung juga jadi lebih ramai, jadi saya bisa bantu warga–yang tidak punya tempat jualan–untuk menitipkan barang dagangan mereka,” kata Titin.

Titin berbagi tips saat Peringatan HUT ke-4 Mitra Tokopedia: Semangat Ku4t Pegiat Usaha Tradisional untuk Pulih Lebih Cepat, Selasa (1/11/2022) sore.

Mitra Tokopedia sendiri adalah aplikasi bagi pegiat usaha tradisional, seperti pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya, menstok barang dagangan fisik maupun digital, seperti pulsa, paket data, token listrik dan lain-lain.

Cerita serupa diungkapkan Marfour Syam, pemilik Toko Si Kembar di Bogor, Jawa Barat. Aplikasi Mitra Tokopedia digunakan sejak 2018 untuk mencari pendapatan tambahan karena suaminya terpaksa berhenti bekerja. 

Berkat Mitra Tokopedia, Marfour tidak perlu mengeluarkan modal untuk mulai berjualan produk digital.

Produk digital yang paling banyak dibeli oleh pelanggannya antara lain pulsa telepon, paket data, voucher games dan token listrik. Jika ada keuntungan lebih, Marfour selalu ikut menyumbang di kegiatan Jumat Berkah yang diadakan di lingkungannya untuk berbagi rezeki kepada sesama. 

“Berkat Mitra Tokopedia, saya tidak perlu mengeluarkan modal untuk mulai berjualan produk digital seperti pulsa atau paket data. Saya juga sangat terbantu dalam mengatur pembukuan dan mencatat utang pelanggan dengan adanya fitur Catat Hutang di aplikasi Mitra Tokopedia. Jika ada keuntungan lebih dari berjualan, saya selalu berbagi rezeki kepada sesama,” kata Marfour.

Kisah Titin dan Marfour ini menjadi kisah inspiratif pemilik warung atau usaha tradisional yang berhasil memanfaatkan ekosistem Mitra Tokopedia.

“Tokopedia melalui ekosistem Mitra Tokopedia terus mengakselerasi adopsi platform digital bagi para pegiat usaha tradisional–termasuk pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya agar bisa beradaptasi dengan perkembangan era digital melalui pemanfaatan teknologi,” kata Head of New Retail Tokopedia, Karina Susilo.

Karena itulah untuk merayakan HUT ke-4 Mitra Tokopedia, digelar kampanye #SemangatKu4t.

“Kampanye #SemangatKu4t ditujukan untuk mengapresiasi mitra usaha tradisional, yang selama ini telah menggunakan aplikasi Mitra Tokopedia untuk memulai dan mengembangkan usaha. Lewat kampanye ini, Tokopedia mengadakan kompetisi Cerita Kampung Mitra Tokopedia dan telah memilih pemenang yang punya kisah paling inspiratif,” kata Karina Susilo.

“Selain berjualan, pemenang kompetisi Cerita Kampung Mitra Tokopedia–seperti Ibu Marfour dan Ibu Titin–juga membawa dampak bagi lingkungan sekitar. Sebagai bentuk penghargaan, kami akan melakukan renovasi warung atau toko para pemenang agar mereka lebih semangat dalam menjalankan usaha,” tambah Karina.



Komentar