nusabali

Bupati Dukung Penataan Pura Lempuyang Madya dan Pasar Agung

  • www.nusabali.com-bupati-dukung-penataan-pura-lempuyang-madya-dan-pasar-agung

MANGUPURA, NusaBali
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta yang juga selaku Ketua Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) Provinsi Bali menyatakan dukungannya atas rencana penataan Pura Lempuyang Madya, Pura Pasar Agung Giri Tohlangkir serta Pura Punduk Dawa.

Begitu pula Karya Panca Wali Krama di Pura Pasar Agung yang akan digelar pada tahun 2024. “Kami Pemkab Badung bersama tim berupaya maksimal dan akan memprioritaskan penataan ketiga pura tersebut termasuk membantu Panca Wali Krama di Pura Pasar Agung,” kata Bupati Giri Prasta saat menerima perwakilan MGPSSR Provinsi Bali, Pengempon Pura Lempuyang Madya dan Pura Pasar Agung, di Rumah Jabatan Bupati, Puspem Badung, Selasa (1/11).

Dari tatap muka dengan pengempon Pura Lempuyang Madya, Kecamatan Abang, Karangasem yang bersamaan dengan pengempon Pura Pasar Agung Besakih Giri Tohlangkir, terungkap bahwa di Pura Lempuyang Madya akan direncanakan pembangunan jalan alternatif menuju Pura. Selain itu bangunan pendamping seperti pengadaan lahan parkir, tembok penahan tanah, bale pesandekan serta renovasi bale wantilan. Biaya yang dibutuhkan mencapai Rp 37 miliar.

Sementara untuk di Pura Pasar Agung juga akan dilakukan penataan termasuk pembangunan jalan menuju Pura. Penataan ini membutuhkan dana sebesar Rp 27 miliar. Selain itu pada tahun 2024 mendatang akan digelar karya agung yakni Panca Wali Krama, Wana Kertih dan Segar Kertih, yang dilaksanakan setiap 10 tahun sekali di Pura Pasar Agung.

Dari perwakilan MGPSSR Provinsi Bali juga menyampaikan mengenai pembangunan di Madya dan Sor Mandala Pura Punduk Dawa, Klungkung yang diperkirakan membutuhkan dana Rp 77 miliar. Sekaligus berharap bantuan Bupati terkait kegiatan penataan Pura tersebut, terlebih Kabupaten Badung menjadi pengempon Pura Pasar Agung.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Giri Prasta menegaskan, penataan Pura baik di Lempuyang Madya, Pasar Agung maupun Punduk Dawa menjadi prioritas. Untuk itu tim Pemkab Badung diminta segera berkoordinasi dengan pengempon Pura agar dapat dibantu di tahun anggaran 2023. Begitu pula mengenai Karya Panca Wali Krama di Pura Pasar Agung agar dapat berjalan dengan baik, karena salah satu tujuan dari karya ini sebagai wujud terima kasih kepada alam semesta. “Mari bersama-sama kita nunas ica semoga rencana pembangunan maupun karya dapat terlaksana dengan baik,” ujar Bupati Giri Prasta. *asa

Komentar