nusabali

Pamaksan Pura Rempak Taman Sari Kapal Gali Dana Ngodak

  • www.nusabali.com-pamaksan-pura-rempak-taman-sari-kapal-gali-dana-ngodak
  • www.nusabali.com-pamaksan-pura-rempak-taman-sari-kapal-gali-dana-ngodak

MANGUPURA, NusaBali.com – Pamaksan Pura Rempak Taman Sari di Banjar Uma, Desa Adat Kapal, Kecamatan Mengwi menggelar lomba mancing di air deras demi menggali dana ngodak (memperbaiki) pralingga Ida Bhatara.

Lomba mancing air deras tersebut dilaksanakan pada daerah saluran irigasi Dam Banjar Panglan, Desa Adat Kapal pada pukul 08.00 Wita, Minggu (30/10/2022). Dalam lomba tersebut, ratusan peserta memperebutkan satu unit sepeda motor Yamaha Mio dan total hadiah bernilai jutaan rupiah.

“Lomba mancing ini diadakan untuk penggalian dana dalam rangka ngodak tapakan Ida Bhatara yang berstana di Pura Rempak Taman Sari Desa Adat Kapal,” tutur Ketua Panitia sekaligus perwakilan Pamaksan Pura, I Nyoman Budiana.

Diketahui bahwa Pura Rempak Taman Sari sendiri diempon oleh kurang lebih 160 kepala keluarga. Pura yang terletak di Jalan Jepun dan tidak jauh dari Bale Banjar Uma ini memiliki pralingga Ida Bhatara berupa dua sasuhunan rangda dan satu barong ket.

Dalam kesempatan lomba mancing air deras ini pula, hadir Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta untuk membuka kegiatan tersebut secara resmi. Bupati Giri Prasta dalam sambutannya berpesan agar biaya ngodak pralingga Ida Bhatara tidak dibeban kepada para pangempon lantaran Pemkab Badung siap membantu secara penuh.

“Saya pastikan biaya ngodak tapakan Ida Bhatara diberikan bantuan sepenuhnya sehingga tidak ada lagi urunan yang dibebankan kepada pangempon pura,” tegas Giri Prasta.

Selain menjanjikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan ngodak pralingga Ida Bhatara, di kesempatan yang sama, Bupati Badung asal Pelaga, Kecamatan Petang ini juga menyerahkan dana motivasi sebesar Rp 15 juta kepada para juara. Tidak lupa, panitia pelaksana lomba pun memeroleh dana motivasi senilai Rp 25 juta.

Budiana selaku Ketua Panitia dan perwakilan Pamaksan Pura Rempak Taman Sari pun berbahagia atas komitmen Bupati Badung terhadap dukungan pelaksanaan ngodak dan dana motivasi yang sudah diberikan.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Bupati Badung atas dukungannya terhadap pelaksanaan ngodak pralingga Ida Bhatara di Pura Rempak Taman Sari Kapal. Selain itu, apresiasi juga kami sampaikan atas dana motivasi kepada juara I hingga harapan III,” tandas Budiana di hadapan Bupati Badung. *rat

Komentar