nusabali

Ratusan Pamangku Doakan Kesuksesan Perhelatan G20

Puja Genta Pinara Pitu di Pura Pucak Bukit Langkian, Kelurahan Samplangan, Gianyar

  • www.nusabali.com-ratusan-pamangku-doakan-kesuksesan-perhelatan-g20

GIANYAR, NusaBali
Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Gde Mayun didampingi Sekda Gianyar I Made Gede Wisnu Wijaya bersama ratusan pamangku se-Kabupaten Gianyar menggelar Puja Genta Pinara Pitu di Pura Pucak Bukit Langkian, Lingkungan Bukit Batu, Kelurahan Samplangan, Kecamatan/Kabupaten Gianyar bertepatan rahina Pagerwesi, Buda Kliwon Sinta, Rabu (26/10).

Puja Genta Pinara Pitu merupakan doa yang dikumandangkan dengan sarana genta. Doa bersama ini digagas oleh Pemerintah Provinsi Bali. Ratusan pamangku di Gianyar mendoakan kesuksesan penyelenggaraan G20 di Bali.

Puja Genta Pinara Pitu dilakukan secara offline maupun online dengan aplikasi Zoom. Puja Genta Pinara Pitu di Kabupaten Gianyar dihadiri pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Gianyar. Gubernur Bali, I Wayan Koster dalam sambutannya mengatakan, krama Bali memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk mendoakan kelancaran KTT G20 secara sekala dan niskala. “Tujuan mulia Puja Genta Pinara Pitu dan doa bersama ini untuk memohon restu alam semesta agar seluruh rangkaian acara Presidensi G20 berjalan dengan lancar, nyaman, aman, damai, dan sukses,” ungkap Gubernur Koster via zoom. Doa bersama ini juga bertujuan mewujudkan kedamaian dan perdamaian diiringi kemajuan peradaban Indonesia dan dunia dengan tatanan era baru pasca pandemi Covid-19.

Gubernur Koster menjelaskan, tatanan kehidupan era baru harus diiringi dengan semangat kebersamaan sesuai dengan tema KTT G20 yaitu Recover Together, Recover Stronger yang artinya Pulih Bersama, Bangkit Bersama. “Tatanan kehidupan era baru usai pandemi Covid-19 diiringi dengan semangat kebersamaan, yaitu pulih bersama, tumbuh bersama, hidup bersama, berkembang bersama, kuat bersama, dan bermanfaat bersama. Inilah persembahan spirit mulia dan luhur dari Bali untuk dunia,” jelas Gubernur Koster.

Selain Kabupaten Gianyar, Puja Genta Pinara Pitu dan doa bersama juga serentak dilakukan oleh pamangku dan umat Hindu di 1.493 desa adat di kabupaten/kota se-Bali. Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan menyambut baik kegiatan doa bersama yang digagas Pemprov Bali. “Mari kita berdoa agar seluruh kegiatan KTT G20 Indonesia tahun 2022 sukses aman dan lancar serta dapat memberikan manfaat kebaikan bagi masyarakat Bali, masyarakat Indonesia dan dunia,” ujar Luhut Binsar Panjaitan. *nvi

Komentar