nusabali

Bupati Jembrana Resmikan Bale Paselang Pura Luhur Giri Salaka Alas Purwo

  • www.nusabali.com-bupati-jembrana-resmikan-bale-paselang-pura-luhur-giri-salaka-alas-purwo

NEGARA, NusaBali
Bupati Jembrana I Nengah Tamba meresmikan bangunan Bale Paselang (Bale Banten) di Pura Luhur Giri Salaka Alas Purwo, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (26/10).

Upacara pamelaspasan sekaligus peresmian Bale Paselang yang dibangun dari bantuan dana hibah Pemkab Jembrana, ini dilaksanakan bersamaan dengan pujawali di pura setempat yang bertepatan dengan rahina Pagerwesi pada Buda Kliwon Sinta, Rabu kemarin.

Rangkaian upacara pemelaspasan Bale Paseleng serta piodalan di Pura Luhur Giri Salaka Alas Purwo, dipuput oleh Ida Peranda Gede Putra Kemenuh dari Griya Kusara, Batuagung, Jembrana, dan Ida Bopo Pandita Giri Dharma Aksa dari Griya Giri Purwo Santhi Purwoharjo Buruan, Banyuwangi. Rangkaian acara diawali pementasan topeng keras persembahan Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

Dilanjutkan pemberian dharma wacana dan muspa bersama. Hadir di upacara tersebut, Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna, Kapolres Jembrana AKBP Dewa Gede Juliana, serta beberapa pimpinan OPD di Pemkab Jembrana.

Bupati Tamba bersyukur bangunan Bale Paseleng di Pura Alas Purwo ini bisa terselesaikan tepat waktu. Dia berharap, Bale Paselang yang melengkapi fasilitas di Pura Luhur Giri Salaka Alas Purwo ini dapat bermanfaat bagi umat Hindu.

Bupati Tamba menambahkan, kehadirannya bersama sejumlah umat Hindu dari Bali, untuk memberikan semangat kepada sesama umat terutama umat Hindu di Banyuwangi, agar tetap meningkatkan keyakinan dalam beragama.

"Sebagai umat Hindu, saya sangat ingin sekali, dengan niat yang besar membantu di setiap simpul-simpul umat Hindu untuk ikut membangun pura yang akan didirikan. Seperti saat ini, Pemkab Jembrana membantu Bale Peselang beserta upacara pamelaspasan-nya,” ucap Bupati Tamba.

Menurut Bupati Tamba, upacara piodalan Pura Luhur Giri Salaka Alas Purwo yang bertepatan dengan rahina Pagerwesi ini, juga merupakan momentum yang sangat baik. Peringatan hari suci ini, dimaknai sebagai membentengi diri agar selalu kuat dalam berumah-tangga, bernegara, dan bakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

“Sebagai pengingat dan keteguhan kita. Kuat dan dipagari, diberikan perlindungan Ida Sang Hyang Widhi Wasa," jelas Bupati Tamba yang juga dipercaya sebagai pembina umat Hindu di Jawa Timur.

Panitia pembangunan yang juga Pangempon Pura Luhur Giri Salaka Alas Purwo Sujarwo, mengatakan dirinya atas nama umat Hindu di Banyuwangi, berterima kasih atas bantuan hibah Pemkab Jembrana. Pembangunan Bale Paselang, sudah berlangsung selama tiga bulan dimulai sejak prosesi ngeruak pada 1 Agustus dan rampung dibangun pada 22 Oktober lalu.

“Saya haturkan terima kasih. Bantuan ini tentu sangat berarti bagi kami. Tidak hanya untuk melengkapi fasilitas pura, tapi juga membantu perkembangan umat di sini,” ujar Sujarwo. *ode

Komentar