nusabali

Desa Sanur Kauh Bersihkan Sungai Sepanjang 500 Meter

  • www.nusabali.com-desa-sanur-kauh-bersihkan-sungai-sepanjang-500-meter

DENPASAR, NusaBali
Petugas kebersihan dari Desa Sanur Kauh, Denpasar Selatan, melakukan kegiatan pembersihan aliran air sungai di Jalan Tirta Akasa, Dusun Betngandang, Selasa (25/10).

Tujuan kegiatan tersebut untuk menjaga kelancaran aliran air menuju ke hilir, serta menjaga kebersihan alur sungai.

Perbekel Sanur Kauh Made Ada mengungkapkan panjang aliran sungai yang dibersihkan mencapai 500 meter. “Dengan adanya petugas khusus kebersihan ini sangat membantu masyarakat dalam kegiatan pembersihan sungai. Tak hanya itu, petugas ini juga memotong rumput, mengangkut sampah tanpa tuan, membersihkan got, saluran air, dan merompes pohon di seputar desa,” kata Made Ada seperti rilis yang diterima NusaBali.

Kegiatan ini melibatkan petugas kebersihan desa berjumlah 6 orang, dan juru pemantau lingkungan (jumali) berjumlah 2 orang. Para petugas ini rutin setiap hari keliling desa.

Dari hasil pemantauan di lapangan terdapat jenis sampah yang dibersihkan, yakni rumput-rumput yang tumbuh di dasar sungai, sampah plastik, dan semak-semak yang tumbuh di pinggir sungai.

“Masyarakat diimbau untuk tidak membuang sampah ke sungai, dan ikut peduli menjaga kebersihan sungai sehingga tidak terjadi banjir atau genangan air,” ucap Made Ada. *bin

Komentar