nusabali

Dinkes Denpasar Kembali Pantau Apotek di Densel dan Dentim

  • www.nusabali.com-dinkes-denpasar-kembali-pantau-apotek-di-densel-dan-dentim

DENPASAR, NusaBali
Upaya Pemkot Denpasar untuk menindaklanjuti pengawasan terhadap sediaan obat sirup di apotek-apotek terus berlanjut.

Di bawah koordinasi Dinas Kesehatan Kota Denpasar, beberapa apotek di wilayah Puskesmas IV Denpasar Selatan dan Puskesmas I Denpasar Timur dikunjungi tim pembinaan guna menginspeksi apakah masih menjual sediaan obat sirup atau tidak, Rabu (26/10).

Kepala UPT Puskesmas IV Densel drg Made Saraswati Rahayu, mengatakan sebanyak 5 apotek di wilayah Densel, yang dikunjungi tim pembinaan diketahui tidak lagi menjual sediaan obat sirup.

“Hari ini (kemarin) tim kami melakukan pembinaan terhadap apotek yang ada di seputaran Jalan Pulau Singkep, Jalan Pulau Bungin, Jalan Pulau Roti, hingga Jalan Pulau Moyo. Kesemuanya tidak lagi menjual obat sirup,” kata drg Saraswati.

Kepada masyarakat yang mengunjungi layanan kesehatan di lingkungan Puskesmas IV Densel, tim medis setempat juga menekankan pada warga agar tidak sembarangan mengkonsumsi obat.

“Selalu kami tekankan kepada masyarakat agar berhati-hati di tengah merebaknya kasus gagal ginjal akut ini. Jika sakit, segera berobat ke layanan kesehatan terdekat,” tegas drg Saraswati.

Selain Puskesmas IV Densel, tim pembinaan Puskesmas I Dentim juga melakukan pembinaan terhadap sejumlah apotek di wilayahnya.

Kepala UPT Puskesmas I Dentim dr IGA Mirah Herawati menyampaikan, dalam tinjauan tim hari ini (kemarin), pihaknya tidak menemukan adanya apotek yang menjual sediaan obat sirup.

“Kami secara berkelanjutan akan mengadakan pengawasan dan pembinaan terhadap apotek-apotek agar tetap mematuhi untuk tidak dulu menjual obat sirup sampai ada informasi lebih lanjut dari pemerintah,” ucap dr Mirah. *mis

Komentar