nusabali

Disbud Gelar Lomba Baleganjur Melasti dan Mini Vlog

  • www.nusabali.com-disbud-gelar-lomba-baleganjur-melasti-dan-mini-vlog

MANGUPURA, NusaBali
Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Badung menggelar lomba baleganjur melasti dan mini vlog yang diikuti sekaa teruna se-Kabupaten Badung, Senin (24/10) di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung.

Lomba yang digelar serangkaian memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Perayaan HUT Ke-13 Ibukota Mangupura tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta.

Bupati Giri Prasta sangat mengapresiasi kegiatan lomba ini, karena di samping dapat melestarikan seni budaya yang ada, juga menjadikan sekaa teruna bagian dari ambasador dan sales mission Badung untuk memberikan sebuah tatanan informasi melalui video visual yang menampilkan adat budaya Kabupaten Badung. “Saya apresiasi Dinas Kebudayaan yang telah menggelar lomba baleganjur melasti dan mini vlog sebagai upaya menggali potensi kreativitas sekaa teruna serta melestarikan seni, adat, agama, tradisi dan budaya di kabupaten Badung,” ujarnya.

Bupati Giri Prasta juga memberikan apresiasi kepada 30 peserta lomba baleganjur melasti dan 37 peserta lomba mini vlog. “Para peserta diharapkan berjiwa besar atas hasil penilaian yang dilakukan oleh dewan juri, karena keputusan juri tidak bisa diganggu gugat. Begitu pula kepada dewan juri harus melakukan penilaian yang obyektif dan independent,” pesannya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang ini juga memberi tambahan hadiah bagi peserta. Hadiah ini akan direalisasikan pada anggaran induk tahun 2023. Untuk 30 peserta yang ikut lomba baleganjur melasti diberi tambahan hadiah motivasi masing-masing peserta Rp 15 juta. Juara 1, 2, 3, diberi seperangkat baleganjur. Sementara lomba mini vlog, dengan 37 peserta diberikan masing-masing Rp 5 juta. Juara 1, 2, 3, mendapatkan kamera.

Sementara, Kadis Kebudayaan Badung I Gede Eka Sudarwitha menyampaikan, lomba baleganjur melasti dan mini vlog ini digelar serangkaian memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Perayaan HUT Ke-13 Ibukota Mangupura. Tujuan lomba guna meningkatkan kreativitas sekaa teruna di Kabupaten Badung, serta meningkatkan seni budaya sebagai akar pariwisata budaya di Badung. Lomba baleganjur melasti dilaksanakan selama dua hari, yakni pada 24-25 Oktober 2022. Sedangkan grand final lomba mini vlog dilaksanakan pada 28 Oktober 2022. *asa

Komentar