nusabali

Mahasiswa Undiksha Bangun Pojok Baca di Tianyar

  • www.nusabali.com-mahasiswa-undiksha-bangun-pojok-baca-di-tianyar

SINGARAJA, NusaBali
Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Dasar, membangun Pojok Baca di Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, Karangasem.

Tujuannya adalah untuk merangsang dan meningkatkan minat baca anak-anak. Ketua tim mahasiswa Undiksha, Made Nirmala Karunika Sari mengatakan, kegiatan pemberdayaan masyarakat selama Juli hingga November 2022 ini merupakan Program Penguatan Kapasitas Organisasi (PPK Ormawa) yang digagas Kemendikbudristek.

"Berdasarkan observasi yang kami lakukan dan data yang kami peroleh dari Kepala Desa Tianyar, sebanyak 47 persen masyarakat Desa Tianyar hanya bersekolah sampai jenjang SD. Sedikit yang melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dan memilih untuk langsung bekerja. Sarana baca di sana masing kurang," ujar Nirmala, Minggu (23/10).

Karena itu, timnya mendirikan Pojok Baca yang tersebar di lima lokasi di wilayah desa. Keberadaan Pojok Baca diharapkan bisa meningkatkan minat baca masyarakat dengan menyediakan literatur yang dapat memenuhi kebutuhan baca masyarakat.

Tim yang terdiri dari 14 orang mahasiswa ini juga rutin menggelar kegiatan belajar gratis bahasa Inggris bersama relawan luar negeri dan kursus menulis aksara Bali. "Pojok Baca ini untuk membantu pemerataan pendidikan di desa, dengan memudahkan anak-anak dan remaja dalam mengakses buku bacaan. Apalagi beberapa sekolah seperti di SD N 8 Tianyar tidak memiliki perpustakaan," imbuh Nirmala.

Mereka juga mengadakan pelatihan membuat ingka serta pelatihan pemasarannya. Menurutnya, komoditas utama di Desa Tianyar adalah pohon ental. Dengan banyaknya pohon ental di sana, masyarakat memanfaatkannya menjadi barang yang bisa dijual, salah satunya adalah membuat ingka. Namun, pemasaran ingka di Desa Tianyar masih dilakukan secara konvensional.

"Kami tim PPK Ormawa berupaya membantu perajin ingka dengan memberikan pelatihan pemasaran melalui media sosial, untuk meningkatkan penjualan mereka," tutup Nirmala. *mz

Komentar