nusabali

Jelang Hari Raya DKPP Gelar Pasar Pangan

  • www.nusabali.com-jelang-hari-raya-dkpp-gelar-pasar-pangan

SINGARAJA, NusaBali
Menjelang Hari Raya Saraswati dan Pagerwesi, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Buleleng menggelar pasar pangan local, Jumat (21/10), untuk memfasilitasi ketersediaan bahan pokok.

Seperti diketahui jelang dua hari raya besar umat Hindu ini, permintaan terhadap bahan pokok pun melonjak drastis.  Kepala Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Ketahanan Pangan DKPP Buleleng, Anak Agung Sagung Bulan mengatakan, pasar pangan lokal yang digelar di Eks Pelabuhan Buleleng, Kota Singaraja, menyajikan bahan pokok seperti beras, cabai, telur ayam, bawang putih, bawang merah, gula, minyak goreng, sayur mayur dan lainnya.

Selain itu, buah-buahan keperluan banten juga dijual dengan harga yang relatif murah. Pihaknya melibatkan 20 pedagang di Buleleng untuk ikut berpartisipasi. Sedangkan sasaran pangan lokal tersebut adalah masyarakat umum dan jajaran pegawai Pemerintah Kabupaten Buleleng.

Kegiatan ini merupakan program kerja lintas sektor Pemkab Buleleng di bidang ketahanan pangan, yang dalam setahun diselenggarakan sebanyak empat kali. "Pelaksanaannya bersinergi dengan  DisdagperinkopUKM, Distan, BPD Bali, Perumda Pasar Arga Nayottama dan Perumda Swatantra," ujarnya.

Pasar pangan lokal ini pun disambut antusias oleh masyarakat, baik pedagang maupun pembeli. Seperti yang disampaikan Komang Suci, pedagang. "Cukup senang dapat berpartisipasi pada Pangan Lokal karena dapat memasarkan produk saya, seperti ubi, singkong, sorgum," kata pedagang asal Dencarik, Kecamatan Banjar, Buleleng ini.

Hal senada juga disampaikan salah satu pembeli, Putu Setyawati. Ia mengaku membeli banyak produk untuk persiapan hari raya, sebut saja buah mangga dan lakar base atau bahan-bahan bumbu. Ia memanfaatkan pasar pangan lokal ini sebagai kesempatan untuk memperoleh bahan pokok karena produk yang dijual cukup lengkap. *mz

Komentar