nusabali

Denpasar Jaring Bibit Seniman Tari Barong Ket dan Mekendang Tunggal

  • www.nusabali.com-denpasar-jaring-bibit-seniman-tari-barong-ket-dan-mekendang-tunggal

DENPASAR, NusaBali
Pemkot Denpasar melalui Dinas Kebudayaan kembali menggelar Lomba Tari Bapang Barong Ket dan Mekendang Tunggal Remaja.

Kegiatan sebagai upaya menjaring bibit-bibit seniman Tari Barong Ket dan Mekendang Tunggal Remaja di Kota Denpasar ini dibuka langsung Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa bersama  Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Denpasar, I Made Toya dan Kadisbud Kota Denpasar, Raka Purwantara dengan Nyolahang Punggelan Barong di Dharma Negara Alaya, Kota Denpasar, Kamis (20/10) sore dan akan berlangsung hingga 22 Oktober mendatang.

Disela kegiatan, Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan, Tari Bapang Barong Ket dan Mekendang Tunggal di era sekarang ini sangat digandrungi oleh generasi muda di seluruh Bali termasuk Denpasar. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya generasi muda yang piawai memainkan kendang dan bapang barong.

Karenanya, kata Arya Wibawa, Pemerintah Kota Denpasar kembali menggelar Lomba Tari Barong Ket dan Mekendang Tunggal guna memberikan pembinaan dan pengembangan sekaligus pelestarian sebuah kesenian sakral khususnya tari barong yang ada di Kota Denpasar. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada para generasi muda menunjukkan tehniknya serta memanfaatkan olah kreativitas tangan dalam permainan kendang.

Kadisbud Kota Denpasar, Raka Purwantara didampingi Kabid Kesenian, I Wayan Narta  menjelaskan, secara teknis Tari Barong Ket dan Mekendang Tunggal merupakan sebuah bentuk pementasan yang berpasangan dan saling keterkaitan. Pelaksanaan lomba kali ini bersifat terbuka untuk generasi muda Kota Denpasar dengan total peserta sebanyak 22 pasang Juru Kendang dan Juru Bapang Barong Ket.

Lebih lanjut dijelaskan, pelaksanaan lomba akan menggunakan format berpasangan dengan mekanisme tarung bebas atau di undi. Namun demikian, pemilihan juara akan dipisahkan antara Tari Barong Ket dan Mekendang Tunggal.

“Jadi lomba kali ini dikhususkan bagi generasi muda Kota Denpasar yang berusia 15 - 28 Tahun saat lomba dilaksanakan,” jelasnya

Wayan Narta menambahkan, Peserta Lomba Tari Bapang Barong dan Kendang Tunggal yang sudah pernah mewakili Kota Denpasar dalam ajang Pesta Kesenian Bali tidak diperkenankan mengikuti lomba.

Adapun materi Tari Bapang Barong Ket yang ditampilkan yakni Pepeson Gilak Bebarongan (Petopengan/Bebarisan), Cecondongan, Guak Macok dengan Pengadeng atau pelayon yang menggunakan properti Tedung atau Pajeng, Ngintip Jangkrik dan terakhir Omang, dengan durasi waktu 18 sampai 20 menit.

Untuk diketahui, pelaksanaan lomba tahun ini diiringi  Sekehe Gong Tri Tunggal, Desa Adat Tanjung Bungkak dan Sekehe Gong Komunitas Seni Candi Gana Yayasan Batan Kendal Kecamatan Denpasar Selatan. *mis

Komentar