nusabali

Jembrana Terima Dana Bantuan Penanganan Bencana dari BNPB

  • www.nusabali.com-jembrana-terima-dana-bantuan-penanganan-bencana-dari-bnpb

NEGARA, NusaBali
Pemkab Jembrana menerima bantuan penanganan darurat bencana alam dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Bantuan berupa dana siap pakai (DSP) sebesar Rp 250.000.000 serta bantuan logistik pangan senilai Rp 100.000.000 itu, diserahkan oleh Direktur Dukungan Infrastruktur Darurat BNPB Zaenal Arifin kepada Bupati Jembrana I Nengah Tamba, di Rumah Jabatan Bupati, Rabu (19/10) sore.

Menurut Zaenal Arifin, bantuan DSP senilai Rp 250 juta dan bantuan logistik pangan senilai Rp 100 juta itu, diberikan untuk penanganan darurat bencana banjir yang terjadi di sejumlah titik di wilayah Kabupaten Jembrana. Bantuan itu diutamakan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat yang terdampak agar bisa segera tertangani. “Minimal ada penghidupan masyarakat itu dapat berlangsung,” ujar Zaenal Arifin.

Selain bantuan tersebut, Zaenal Arifin mengatakan, dalam penanganan bencana banjir di Kabupaten Jembrana, BNPB juga akan melaksanakan pendampingan dan mengawal pengajuan bantuan dari Pemkab Jembrana. Khususnya yang berkaitan untuk mempercepat pemulihan masyarakat yang terdampak bencana.

“BNPB mempunyai tugas yaitu pendampingan baik itu pendampingan logistik peralatan, administrasi. Akan kita berikan pendampingan, terutama dalam mempercepat pemulihan masyarakat yang terdampak,” kata Zaenal Arifin.

Zaenal Arifin menambahkan, sesuai laporan awal yang diterima BNPB, bencana banjir di Jembrana mengakibatkan rumah rusak di beberapa titik. Menurutnya, masyarakat yang rumahnya hancur ataupun tergolong rusak berat, nantinya bisa mendapatkan bantuan biaya pembangunan rumah senilai Rp 50 juta per rumah.

“Pemerintah hanya dapat membantu uang stimulan. Jika rusak berat kita akan berikan bantuan sesuai dengan peraturan Perundang-Undangan sekitar Rp 50 juta, dan itu juga akan diberikan sesuai dengan kebutuhan. Jika ada relokasi, berarti nanti akan dapat diakses di BNPB terkait dengan dana stimulan rehabilitasi itu,” ucap Zaenal Arifin.

Bupati Tamba mengatakan, bantuan DSP senilai Rp 250 juta yang pengelolaannya diserahkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jembrana tersebut, rencananya akan dipergunakan untuk operasional keposkoan guna membantu penanganan darurat bencana banjir. Seperti untuk kebutuhan beberapa bantuan di posko pengungsian ataupun dapur umum yang telah dibangun di sejumlah titik bencana.

Terkait dengan adanya peluang bantuan biaya pembangunan rumah dari BNPB untuk para korban yang rumahnya rusak berat, Bupati Tamba menyatakan berencana bertemu dengan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto. Dirinya ingin langsung mendiskusikan bagaimana alur untuk pengajuan bantuan biaya pembangunan rumah tersebut.

“Sesuai hasil diskusi dengan Direktur bahwa Bupati Jembrana diharapkan sesegera mungkin bisa datang ke Jakarta menghadap ke pimpinan pusat. Saya perlu bertemu dan diskusi langsung dengan pimpinan BNPB di pusat, menerangkan sesungguhnya atau kejadian dan apa kebutuhan kita. Termasuk juga bagaimana masalah masyarakat yang benar-benar terdampak serius, apakah ada bantuan untuk relokasi,” ucap Bupati Tamba.

Bupati Tamba berharap bantuan Rp 50 juta untuk masyarakat yang kehilangan tempat tinggal itu dapat benar-benar terealisasi. “Ini yang harus kita follow up segera. Termasuk menyelesaikan mekanismenya, serta bagaimana administrasinya, sehingga perlu ditindaklanjuti bertemu langsung kepala BNPB,” ucap Bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara ini. *ode

Komentar