nusabali

Pasca IPA Belusung Berhenti Produksi, PDAM Denpasar Kerahkan 4 Mobil Tangki Layani Warga

  • www.nusabali.com-pasca-ipa-belusung-berhenti-produksi-pdam-denpasar-kerahkan-4-mobil-tangki-layani-warga

DENPASAR, NusaBali
Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma atau PDAM Kota Denpasar mengerahkan empat unit mobil tangki untuk menyalurkan air bersih kepada warga yang terkena imbas air macet, Selasa (18/10).

Penyediaan mobil tangki dilakukan setelah Instalasi Pengolahan Air (IPA) Belusung dan Penet berhenti produksi karena tingkat kekeruhan tinggi.

Kasubag Humas PDAM Kota Denpasar I Ketut Jombang Suhendra, mengatakan mobil tangki tersebut memiliki kapasitas 5.000 liter dan 3.000 liter air. Ada beberapa wilayah yang disasar mobil tangki tersebut semisal di kawasan Jalan Gatot Subroto I, Jalan Nangka, maupun Jalan Seruni.

Jombang mengatakan warga terdampak yang ingin mendapatkan air bersih, bisa langsung menghubungi PDAM. “Kami melayani penyaluran air bersih melalui truk tangki air secara gratis bagi pelanggan yang terdampak gangguan. Pendaftarannya bisa hubungi nomor (0361) 240749 bagian pengaduan dan WhatsApp (WA) pengaduan di nomor 087856049999 dan 081804499997,” kata Jombang.

Selain itu, pihaknya juga meminta masyarakat selalu melakukan antisipasi saat musim hujan ini dengan menampung air. Sehingga saat pasokan air bersih tidak mengalir, warga masih memiliki cadangan air untuk kebutuhan sehari-hari.

Diberitakan sebelumnya, Senin (17/10), IPA Belusung di Peguyangan sempat berhenti beroperasi. Dengan stopnya IPA Belusung ini sebanyak setengah pelanggan atau 40.000-an pelanggan di Denpasar tidak dapat air bersih.

Namun kini IPA Belusung sudah mulai beroperasi setelah kekeruhan air menurun. Direktur Utama Perumda Air Minum IB Gede Arsana mengatakan air baku yang bisa diolah maksimal 5.000 NTU. “Kekeruhan air yang bisa diolah maksimal 5.000 NTU, kalau di atas itu tidak bisa,” katanya.

Selain itu, SPAM Penet milik Provinsi Bali juga stop produksi dan berdampak pada wilayah Padangsambian Kelod dan sekitarnya. Untungnya IPA Waribang masih bisa beroperasi sehingga pelanggan di kawasan Denpasar Timur masih bisa terlayani. *mis

Komentar