nusabali

Desa Bebandem Tunggu Kiriman BLT

  • www.nusabali.com-desa-bebandem-tunggu-kiriman-blt

AMLAPURA, NusaBali
BLT (bantuan langsung tunai) dari dana desa periode Oktober 2022 di Karangasem, ternyata ada yang belum direalisasikan.

Di antaranya, Desa/Kecamatan Bebandem,  masih menunggu kiriman anggaran BLT dari Kementerian Keuangan. "Kami telah sosialisasikan kepada masyarakat anggaran BLT desa untuk Oktober 2022, belum cair karena belum ada transfer dari pusat," jelas Ketua Forum Perbekel Karangasem yang juga Perbekel Bebandem I Gede Partadana di kediamannya, Banjar Desa, Desa/Kecamatan Bebandem, Karangasem, Minggu (16/10).

Sedianya di Desa Bebandem mendapatkan BLT untuk 197 KK, tersebar di 12 banjar dinas. "Kami masih menunggu transfer dana dari pusat, mudah-mudahan Senin nanti (hari ini, Red), dana masuk," harapnya.

Hal senada diungkapkan Perbekel Tegallinggah, Kecamatan Karangasem I Gede Sudiarsa. 154 KK belum dapat BLT Oktober ini. "Kami juga menunggu anggaran ditransfer dari pusat, agar bisa dibagikan Oktober ini," ujar I Gede Sudiarsa.  BLT itu tersebar di Banjar Karangcermen, Banjar Nyuling, Banjar Tegallinggah, Banjar Bale Punduk Kelod dan Banjar Bale Punduk Kaler.

Sedangkan BLT untuk di Desa Seraya Timur, Kecamatan Karangasem menurut Perbekel I Made Pertu, diagendakan 130 KK. "Anggaran telah disediakan, hanya saja menunggu jadwal pencairan, per KK mendapatkan Rp 300.000," kata I Made Pertu.

BLT tersebut, jelasnya, telah direalisasikan, sejak Juli hingga September, tinggal menunggu pencairan Oktober 2022. Bantuan BLT tersebut menyebar di 9 banjar: Banjar Batu Kori, Banjar Bukit Catu, Banjar Gili Selang, Banjar Kangin, Banjar Tanah Barak, Banjar Tinjalas, Banjar Tukad Item, Banjar Tukad Buah, Banjar Tukad Tiis.

Berbeda dengan di Desa Muncan, Kecamatan Selat menurut Perbekel I Wayan Tunas, BLT telah dicairkan untuk 186 KK.

Begitu juga menurut Perbekel Duda, Kecamatan Selat I Wayan Dulur, BLT Oktober telah dicairkan untuk 157 KK, tersebar di 8 banjar. Yakni, Banjar Alastunggal sebanyak 19 KK, Banjar Bambang Biaung sebanyak 19 KK, Banjar Dalem sebanyak 19 KK, Banjar Duda sebanyak 23 KK, Banjar Jangu sebanyak 20 KK, Banjar Padangtunggal Kangin sebanyak 19 KK, Banjar Padangtunggal Kauh sebanyak 19 KK dan Banjar Pegubugan sebanyak 19 KK.

"Kami telah realisasikan bantuan BLT kepada 157 KK warga di Desa Duda, dicairkan melalui BUMDes Desa Duda," jelas I Wayan Dulur.

Disebutkan, setiap menjelang pencairan BLT, langsung disosialisasikan kepada perangkat desa dalam hal ini, kelian banjar dinas. Sehingga kelian banjar dinas menyampaikan kepada warganya agar mengambil dana BLT sesuai daftar yang telah ditetapkan. Selama ini secara teknis tidak ada kendala melakukan pencairan BLT. *k16

Komentar