nusabali

Bupati Gede Dana Optimis PNB Buka 2023

  • www.nusabali.com-bupati-gede-dana-optimis-pnb-buka-2023

AMLAPURA, NusaBali
Bupati Karangasem I Gede Dana optimis Politeknik Negeri Bali (PNB) Kampus Karangasem mulai buka atau menerima mahasiswa baru tahun 2023.

Sebab, persiapan telah optimal, antara lain kampus, dosen dan fasilitas penunjang lainnya. Rencananya, ada dua Program Studi (Prodi) yang bisa di pilih oleh lulusan SMA/SMK, yakni Program Studi D3 Perhotelan dan Program Studi D3 Administrasi Bisnis. Bupati Karangasem I Gede Dana menyampaikan itu berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud, di ruang kerjanya Jalan Ngurah Rai Amlapura, Minggu (16/10).

Pembukaan Politeknik Negeri Bali Kampus Karangasem ini merupakan perjuangan Bupati Karangasem I Gede Dana. Langkah ii sesuai program kerja Dana-Dipa ( I Gede Dana-I Wayan Artha Dipa) yang tertuang dalam Visi-misi Nangun Sat Kerthi Loka Bali di Karangasem melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Karangasem Era Baru yang Pradnyan, Kertha, Santhi dan Nadi (Pakerthi Nadi). Di antaranya, mengembangkan SDM yang andal, berdaya saing tinggi, serta membangun pariwisata yang andal melalui pembangunan destinasi dan promosi yang ditunjang dengan infrastruktur pedesaan yang memadai dan terkoneksi. Artinya, misi Pemkab Karangasem dalam bidang pendidikan dan peningkatan SDM hampir sepenuhnya telah tercapai.

Sebelumnya, Bupati Gede Dana berhasil merealisasikan pembangunan sejumlah SMA/SMK di beberapa Kecamatan di Karangasem, sekarang ini mimpi masyarakat Karangasem akan adanya Perguruan Tinggi Negeri di Karangasem segera terwujud terwujud. “Tahun depan jika tidak ada halangan, penerimaan mahasiswa baru sudah mulai di buka. Ada dua kampus yang telah kami persiapkan yakni di Gedung Disnakertrans dan Gedung SKB Karangasem,” ujar Gede Dana.

Detailnya pada tahun 2023 dua kampus tersebut akan mampu menampung sebanyak 120 orang mahasiswa, yakni kampus Disnakertrans dua ruang kuliah dengan masing-masing 30 orang mahasiswa per ruangan, pun demikian dengan kampus SKB Karangasem. “Kami sudah bekerjasama dengan industri pariwisata dan industri lainnya, dimana nantinya bisa menjadi tempat magang mahasiswa dan sekaligus bisa merekrut lulusan untuk bekerja di perusahaan tersebut,” ungkap Gede Dana. *k16

Komentar