nusabali

200 Peserta di Jembrana Ikuti Tes SIPGAR

  • www.nusabali.com-200-peserta-di-jembrana-ikuti-tes-sipgar

NEGARA, NusaBali
Bupati Jembrana I Nengah Tamba melepas peserta tes kebugaran melalui Sistem Informasi Pengukuran Kebugaran (SIPGAR) di Lapangan Umum Negara, Kelurahan Banjar Tengah, Kecamatan  Negara, Minggu (16/10) pagi.

SIPGAR merupakan aplikasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), berupa aplikasi pencatatan pemeriksaan kondisi fisik seseorang menggunakan metode rockport dengan berjalan atau jogging sejauh 1.600 meter.

Tercatat 200 peserta yang mengikuti tes tersebut. Selain dari jajaran pemerintahan, peserta dalam tes kebugaran itu juga melibatkan masyarakat umum. Usai tes kebugaran, para peserta juga diajak mengikuti yoga yang dibimbing Perkumpulan Praktisi Yoga Nasional Indonesia (PPYNI).

Ketua Umum PPYNI, Slamet Riyanto mengatakan, dilaksanakannya tes kebugaran di Kabupaten Jembrana ini, bertujuan untuk mengukur tingkat kebugaran masyarakat. Melalui kegiatan ini, diharpkan bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya berolahraga.

"Tes kebugaran ini untuk mengukur seberapa jauh tingkat kebugaran masyarakat di Indonesia. Jadi bersyukur Kabupaten Jembrana menjadi salah satu contoh. Sehingga nanti ke depannya seperti yang dicanangkan Kemenkes, bahwa olahraga itu mendatangkan manfaat yang baik untuk kesehatan dan kebugaran," ujar Slamet Riyanto.

Slamet Riyanto menambahkan, bahwa dalam melakukan olahraga, harus dilaksanakan secara benar untuk meminimalisir terjadi cedera. Menurutnya, harus ada pemanasan, latihan inti dan pendinginan. Olahraga juga harus dilaksanakan secara terukur dan teratur untuk mendapat hasil yang maksimal.

"Terukur sangat penting. Untuk itu, pemerintah melalui Kemenkes mempunyai aplikasi yang namanya SIPGAR. Yang untuk mengukur seberapa jauh kemampuan, kondisi dan kapasitas paru-paru dan oksigen kita. Dan yang terakhir olahraga itu harus teratur. Paling tidak 2-3 kali seminggu. Dilakukan selama 20-30 menit secara teratur," ucap Slamet Riyanto.

Sementara Bupati Tamba mengatakan, sangat menyambut baik dan merasa bahagia karena kegiatan bermanfaat ini dilaksanakan di Jembrana. Dirinya pun berharap seluruh masyarakat sehat sehingga harapan masyarakat Jembrana yang bahagia dapat terwujud.

"Saya menyambut baik acara ini. Apalagi Jembrana dipilih sebagai salah satu exercise tes kebugaran masyarakat. Saya harapkan hasilnya memuaskan dan saya yakin masyarakat di sini selalu sehat. Mari kita sehat dan bugar selalu. Tidak ada kata lain. Sehat dan bugar itu adalah hal yang luar biasa," ujar Bupati Tamba.*ode

Komentar