nusabali

Bupati Suwirta Ajak Seniman Bangkitkan Seni Budaya

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-ajak-seniman-bangkitkan-seni-budaya

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menutup secara resmi Atraksi Melestarikan Seni dan Kebudayaan (Aksiku) Tahun 2022 di Alun-alun Ida Dewa Agung Jambe, Semarapura, Sabtu (15/10) malam.

Bupati Suwirta mengajak seniman Klungkung bangkitkan seni dan budaya. Acara penutupan dimeriahkan dengan penampilan parade gong kebyar dari Kanya Gita Desa Kusamba Kecamatan Dawan dan Kumuda Arnawa Budaya Desa Jumpai Kecamatan Klungkung. Komunitas Seniman Klungkung Berani (Sekuni) tampilkan tari kontemporer.

Aksiku Tahun 2022 digelar sejak Selasa (12/10) dengan tujuan membangkitkan semangat kreatifitas serta menghibur masyarakat. Selain menggelar pementasan seni dan budaya, Aksiku juga dilengkapi dengan pameran produk UMKM berupa olahan makanan maupun kerajinan. Bupati Suwirta berharap Aksiku membuahkan hasil yang maksimal untuk seniman di Kabupaten Klungkung. Bupati mengajak seluruh seniman terus membangkitkan seni dan budaya. “Semoga ke depan acara ini bisa dilaksanakan lebih meriah lagi, seniman tetap semangat membangkitkan seni dan budaya di Kabupaten Klungkung,” harap Bupati Suwirta.

Menurut bupati asal Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida ini, tanpa disadari masyarakat mencintai seni, haus hiburan, dan keramaian. Maka pelaksanaan Aksiku sejak 12 Oktober 2022 lalu tidak terasa sudah mencapai acara penutupan. “Selama empat hari banyak yang bisa dievaluasi. Terutama kepada Dinas Kebudayaan, Dinas Koperasi dan UMKM. Kami berharap kegiatan ini bisa berjalan lebih baik lagi,” ujar Bupati Suwirta. Gelaran Aksiku tahun 2022 menggandeng 30 UMKM guna meningkatkan geliat UMKM dan ekonomi kreatif di Kabupaten Klungkung.

Bupati Suwirta didampingi Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra menyerahkan piala kepada para pemenang lomba. Juara I lomba Gong Kebyar diraih Sekaa Gong Kebyar Panji Ulangun Santi Desa Tihingan Kecamatan Banjarangkan. Juara II diraih Sekaa Gong Kebyar Kumuda Arnawa Budaya Desa Jumpai Kecamatan Klungkung. Juara III diraih Sekaa Gong Kebyar Kanya Gita Desa Kusamba Kecamatan Dawan. Harapan I diraih Sekaa Gong Kebyar Srawa Rahagi Desa Lembongan Duta Kecamatan Nusa Penida. Para pemenang merupakan duta dari masing-masing kecamatan. *wan

Komentar