nusabali

4 Kandidat Mendaftar Calon Rektor Undiksha

15 Desember Calon Rektor Sampaikan Visi Misi

  • www.nusabali.com-4-kandidat-mendaftar-calon-rektor-undiksha

SINGARAJA, NusaBali
Tahapan pendaftaran bakal calon rektor Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja resmi ditutup pada, Jumat (14/10) pukul 16.30 Wita.

Sejak dibuka, Senin (26/9) lalu, tercatat ada empat orang bakal calon yang mendaftar ke sekretariat panitia. Jumlah ini sudah memenuhi persyaratan sesuai dengan yang tertuang dalam Peraturan Senat sehingga panitia tidak melakukan perpanjangan pendaftaran.

Pendaftar tersebut terdiri atas Prof Dr I Wayan Lasmawan, yang saat ini menjabat Wakil Rektor II Undiksha, Prof Dr I Nengah Suparta, saat Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Dr I Ketut Sudiana, saat Ketua Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), dan Dr I Wayan Artanayasa, Wakil Dekan II Fakultas Olahraga dan Kesehatan (FOK).

Pendaftaran diawali oleh Prof Lasmawan yang menyerahkan berkas pendaftaran pada, Senin (10/10). Sedangkan tiga lainnya baru mendaftar pada, Jumat kemarin. Ketua Panitia Pemilihan Rektor Undiksha, Prof Dr Ida Bagus Putu Arnyana MSi, menjelaskan jumlah pendaftar tersebut sudah memenuhi syarat untuk bisa berlanjut ke tahap selanjutnya. Hal ini merujuk dengan Peraturan Senat Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pemilihan Rektor dan Peraturan Senat Nomor 3 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pemilihan Rektor.

Artinya, panitia tidak akan memperpanjang masa pendaftaran. Prof Arnaya menyebutkan, para pendaftar tersebut merupakan dosen di lingkungan internal Undiksha. "Yang dari luar tidak ada masuk (mendaftar, Red) sehingga hanya empat orang yang mendaftar. Secara aturan sesuai dengan Peraturan Senat sudah memenuhi syarat, sehingga tidak ada perpanjangan," jelasnya.

Prof Arnyana menegaskan, meski sudah ada empat pendaftar sebagai bakal calon rektor, hal ini belum final. Panitia akan melakukan verifikasi administrasi dan hasilnya akan diserahkan ke Senat Undiksha, pada Senin (24/10) mendatang. "Nanti Senat yang berhak mengumumkan siapa yang menjadi bakal calon itu," ujar dia.

"Kami sebagai panitia hanya menyampaikan bahwa sudah ada empat orang yang mendaftar. Kami hanya menyampaikan itu saja. Apakah nanti diterima atau bagaimana hasilnya, itu adalah senat yang akan menentukan. Ini adalah sementara bahwa sudah ada pendaftar," katanya.

Penetapan bakal calon rektor oleh Senat Undiksha dijadwalkan antara 31 Oktober sampai 4 November 2022. Pengumuman hasil penjaringan bakal calon akan dilakukan pada 8 November 2022. Berikutnya, tahapan penyampaian visi, misi, dan program kerja digelar pada 15 Desember 2022 yang sekaligus sebagai jadwal penilaian dan penetapan calon rektor.

Tahapan ini akan diseleksi 3 calon rektor untuk selanjutnya dipilih oleh senat dan Mendikbud Ristek atau yang ditugaskan pada Januari 2023. Senat Undiksha berhak atas 65 persen suara. Sedangkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) memiliki suara 35 persen dari suara keseluruhan.

"Dari itulah 3 calon itu akan diranking. Inilah yang akan disampaikan lagi kepada Menteri oleh Senat bersama Rektor untuk ditetapkan siapa yang menjadi rektor sekaligus nanti dilantik oleh Menteri," ungkap Prof Arnyana.

Untuk diketahui, tahapan pemilihan rektor Undiksha sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu. Senat Undiksha telah membentuk panitia pemilihan yang melakukan tahapan pemilihan dengan pendaftaran bakal calon rektor. Proses pendaftaran telah dibuka pada 26 September. Selain dosen di internal kampus, dosen pada perguruan tinggi lain yang telah berstatus Badan Layanan Umum dan Berbadan Hukum juga dapat melakukan pendaftaran.

Jabatan Rektor Undiksha yang kini diisi Prof Dr I Nyoman Jampel akan berakhir pada 13 April 2023 mendatang. Prof I Nyoman Jampel sendiri telah menjabat Rektor Undiksha selama dua periode, yakni periode 2015-2019 dan periode 2019-2023. Karena sudah dua periode, otomatis Prof Jampel tak bisa maju lagi. Sehingga dalam pemilihan rektor ini tidak ada calon berstatus incumbent, semua calon berstatus new comer (pendatang baru). *mz

Komentar