nusabali

Pembukaan Aksiku, Bupati Suwirta Tancapkan Kayonan

  • www.nusabali.com-pembukaan-aksiku-bupati-suwirta-tancapkan-kayonan

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Klungkung Ny Ayu Suwirta membuka Acara Melestarikan Seni dan Kebudayaan Klungkung (Aksiku) di Alun-alun Ida Dewa Agung Jambe, Kota Semarapura, Klungkung, Rabu (12/10) malam.

Pembukaan event tahunan ini ditandai penancapan kayonan oleh Bupati Suwirta. Acara diisi dengan lomba Tari Teruna Jaya berpasangan dan Kendang Berpasangan. Pentas baleganjur ‘Suluk’ persembahan SMPN 2 Semarapura sebagai pertunjukan pamungkas.  

Bupati Suwirta, mengatakan Aksiku merupakan event tahunan untuk membangkitkan semangat, kreativitas, dan menghibur masyarakat, khususnya seni budaya serta mempromosikan museum yang dimiliki Kabupaten Klungkung. Museum Semarajaya bertipe A, namun harus tetap dikembangkan agar tidak hanya memamerkan dan memajang warisan-warisan pada zaman dahulu.

Saatnya perlu mengisi dengan perkembangan kebudayaan dan kesenian dari zaman ke zaman. Museum dan berbagai kegiatan kebudayaan dan kesenian diharapkan menerapkan digitalisasi. Ke depannya barang-barang yang ada di museum dan kegiatan kebudayaan serta kesenian bisa dilihat secara online. “Semoga Museum Semarajaya menjadi lebih baik sesuai dengan kelasnya,” harap Bupati Suwirta.

Kadis Kebudayaan Klungkung Ida Bagus Jumpung mengatakan, Aksiku digelar selama 4 hari dari tanggal 12 sampai 15 Oktober 2022. Tema kegiatan ‘Ananta Prastistaning Banyu’ yang bermakna memuliakan sumber air kehidupan tanpa batas. “Aksiku diimplementasikan dengan atraksi seni dan budaya melalui lomba edukatif, kultural, pagelaran seni dan pameran temporer, serta seminar warisan budaya tak benda,” ujar Gus Jumpung.

Aksiku merupakan program inovasi Dinas Kebudayaan Kabupaten Klungkung yang merupakan implementasi dari misi Pemkab Klungkung yaitu menguatkan dan meningkatkan eksistensi adat dan budaya. Program ini sejalan dengan visi pembangunan Provinsi Bali Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru yang bertujuan untuk melestarikan objek pemajuan kebudayaan Bali secara umum.

Pembukaan Aksiku dihadiri Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, Ketua DPRD Klungkung Anak Agung Gde Anom, Penglingsir Puri Klungkung Ida Dalem Smara Putra, Kadis Kebudayaan Klungkung Ida Bagus Jumpung Oka Wedhana, Kadis Koperasi, UMKM, dan Perdagangan Klungkung Wayan Ardiasa, Kepala UPTD Museum Semarajaya Cokorda Gede Nala Rukmaja, dan undangan lainnya. *wan

Komentar