nusabali

Hibahkan Rp 4,3 Miliar ke Krama Bangli, Giri Prasta: Tidak Ada Muatan Politik

  • www.nusabali.com-hibahkan-rp-43-miliar-ke-krama-bangli-giri-prasta-tidak-ada-muatan-politik
  • www.nusabali.com-hibahkan-rp-43-miliar-ke-krama-bangli-giri-prasta-tidak-ada-muatan-politik

BANGLI, NusaBali.com – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta kembali menyerahkan dana hibah Kabupaten Badung. Kali ini, hibah senilai Rp 4,3 Miliar itu ditujukan kepada krama empat kecamatan di Kabupaten Bangli, Kamis (13/10/2022).

Sasaran krama yang diberikan hibah yakni pangempon pura di empat kecamatan yakni pemugaran Pura Desa Pengayah di Kecamatan Susut senilai Rp 380 juta, pembangunan Pura Dalem Gandamayu Bukit Cempaga di Kecamatan Bangli sejumlah Rp 1,1 miliar, dan pembangunan palinggih Pura Alas Arum Batur di Kecamatan Kintamani sebesar Rp 1,6 miliar.

Selain itu terdapat pula satu desa memperoleh tiga hibah sekaligus, yakni Desa Adat Peninjoan. Di desa ini terdapat rencana pemugaran Pura Dadia Pasek Dukuh Badeg Peninjoan dan Pura Dadia Pasek Gelgel Pengatepan Peninjoan, serta pembangunan Wantilan Pura Desa Adat Peninjoan di Kecamatan Tembuku masing-masing senilai Rp 450 juta, Rp 480 juta, dan Rp 330 juta.

Dalam kegiatan penyerahan hibah Kabupaten Badung ini, Bupati Giri Prasta turut didampingi Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Badung Made Sunarta, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Ida Ayu Istri Yanti Agustini, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Made Surya Dharma, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Made Suardita, anggota DPRD Kabupaten Bangli Satria Yudha, Jero Gede Batur Alitan, prajuru serta tokoh desa adat di wilayah penyerahan hibah.

Berkenaan dengan maksud dan tujuan penyerahan hibah, Bupati Giri Prasta pun menampik adanya muatan politik dalam program Badung Angelus Bhuana ini. Ia beralasan bahwa hibah ini untuk membantu meringankan beban masyarakat.

“Ini tidak ada muatan politik, murni untuk meringankan beban masyarakat. Semoga pariwisata Badung bangkit cepat, pulih cepat sehingga penyerahan bantuan seperti ini dapat dilanjutkan ke daerah lain,” ujar Bupati Badung asal Pelaga, Kecamatan Petang ini.

Menurut Giri Prasta penyerahan hibah ini untuk memperkuat daerah yang menerima bantuan Kabupaten Badung agar dapat membangun wilayah mereka demi generasi mendatang. Selain itu, dikatakan Ketua DPC PDI Perjuangan Badung ini, dengan adanya bantuan ini diharapkan adanya hubungan persaudaraan atau pasemetonan dalam kerangka krama yang se-Dharma.

“Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan yang sudah diberikan. Semoga dapat membantu meringankan beban masyarakat Bangli dalam bidang infrastruktur, khususnya prasarana adat dan keagamaan,” ucap salah satu tokoh masyarakat di Banjar Brahmana Bukit, Kelurahan Cempaga, Kecamatan Bangli, Gus Topok. *rat

Komentar