nusabali

700 Pengusaha Nahdliyin Merapat ke ITB STIKOM Bali karena Alasan Ini

  • www.nusabali.com-700-pengusaha-nahdliyin-merapat-ke-itb-stikom-bali-karena-alasan-ini

DENPASAR, NusaBali.com –  Sebanyak 700 pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Bali menjalin kerja sama dengan ITB STIKOM Bali untuk pengembangan usaha berbasis teknologi informasi (TI).

Nota Kesepahaman kerjasama itu ditandatangani oleh Ketua Umum HPN Bali H Nurianto dan Rektor Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Dr. Dadang Hermawan di kampus ITB STIKOM Bali Renon, Denpasar, Rabu (12/10/2022). 

Dadang Hermawan menerangkan, ruang lingkup kerjasama  adalah kegiatan-kegiatan  yang akan dilakukan kedua belah pihak yang mencakup implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Pengembangan Sistem Digitalisasi Perusahaan, dan  pengembangan manajemen dan Sumber Daya Manusia.

“Yang menjadi leading sector dalam kerjasama ini adalah Fakultas Bisnis dan Vokasi, bisa dalam bentuk pengabdian masyarakat untuk membantu membuatkan website, membuatkan sistem digital marketing, sistem aplikasi penjualan produk, penempatan mahasiswa magang, dan lain-lain,” kata Dadang Hermawan.

Menurut Dadang Hermawan, kerja sama ini akan lebih bermanfaat secara ekonomi karena melalui sistem aplikasi penjualan nanti bisa dimonetisasi sehingga mendapatkan penghasilan lain dari pengunjung, selain pembelian produk.

“Untuk monetisasi  bisa kerja sama dengan MBC, ini salah satu unit usaha STIKOM Bali Group,” kata Dadang Hermawan.   

HPN sendiri adalah organisasi pengusaha warga Nahdlatul Ulama (NU) Bali, saat ini ada di tujuh kabupaten dan kota, hanya 2 kabupaten yang belum terbentuk yakni Tabanan dan Karangasem. “Total anggota HPN saat ini sekitar 700 pengusaha,” sebut Nurianto yang juga seorang dosen dan pengacara ini.

Disebutkan Nurianto, tindak lanjut dari penandatanganan MoU hari ini nantinya dituangkan dalam Pejanjian Kerja Sama (PKS) selain dengan HPN, juga ada lembaga usaha sesuai kebutuhannya. Dengan catatan, usaha tersebut sudah menjadi anggota HPN.

Hadir dalam acara ini selain Dadang Hermawan, juga ada Wakil Rektor I Ida Bagus Suradarma SE MSi, Wakil III I Made Sarjana SE MM, Dekan Fakultas Bisnis dan Vokasi  Ni Ketut Dewi Ari Jayanti ST MKom, Ketua Program Studi Teknologi Informasi I Wayan Ardiyasa SKom MMSI, Direktur Kerjasama Pemasaran dan Humas Dra Ni Made Astiti MMKom. 

Sedangkan dari HPN Bali selain Nurianto hadir juga Waketum 2 HPN Bali Indrianto, Waketum 1 HPN Bali H Mahfud, Sekretaris HPN Bali  Agus, Bendahara HPN Bali  Nimmi, PC HPN Badung  Lilis, dan PC HPN Singaraja.

Komentar