nusabali

Purnama Kapat, Pujawali di Pura Tuluk Biyu Batur

  • www.nusabali.com-purnama-kapat-pujawali-di-pura-tuluk-biyu-batur

BANGLI, NusaBali
Krama Desa Batur, Kecamatan Kintamani, Bangli menggelar Pujawali Ngusaba di Pura Tuluk Biyu, Desa Batur, pada Purnama Kapat, Soma Wage Dukut, Minggu (10/10).

Ngusaba ini berlangsung selama sepekan. Manggala Karya Ketut Sudana mengatakan Pujawali Ngusaba itu dilaksanakan untuk memohon agar alam berserta isinya senantiasa rahayu. Selain itu, apa yang menjadi harapan umat Hindu bisa terwujud. "Kami menghaturkan bhakti Pujawali, bhakti Pengusaban dan Medewa Sraya," ungkapnya.

Menurut Ketut Sudana, sebelum Pujawali dilaksanakan upacara Mapepada Agung. Ida Bhatara kamedalang dari utama mandala pura menuju jaba pura. Prosesi ini diiringi sekaa gong, seka baris, dan krama Batur. Selain itu, ada tapakan barong dari 11 desa adat yang katuran Pujawali di Pura Tuluk Biyu. Selama Ida Bhatara Bhatari nyejer, setiap hari dihaturkan bhakti panganyar oleh masing-masing pemerintah kabupaten/kota di Bali. "Besok (Selasa ini, Red) akan dilaksanakan upacara Mapepada Penek dan Bhakti Pengayar dari Kabupaten Badung dan Gianyar," kata Ketut Sudana.

Umat Hindu diharapkan ikut bersama melaksanakan persembahyangan di Pura Tuluk Biyu. Upacara Panyineban Ida Bhatara dilaksanakan pada Selasa (18/10). *esa

Komentar