nusabali

Sidang Offline Masih Tunggu SEMA

  • www.nusabali.com-sidang-offline-masih-tunggu-sema

DENPASAR, NusaBali
Meski angka Covid-19 di Bali terus menurun, namun PN Denpasar masih tetap menggelar sidang secara online.

Ketua PN Denpasar, I Nyoman Wiguna mengatakan jika pihaknya masih menunggu Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) untuk menggelar sidang offline alias tatap muka. “Intinya pengadilan siap saja bila harus menggelar sidang secara langsung. Persoalannya, payung hukum atau perintah itu belum ada,” ujar Wiguna dikonfirmasi Minggu (9/10).

Dijelaskan, penerapan sidang online mengacu pada  Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) terkait situasi pandemi. Sedangkan hingga saat ini meski situasi sudah membaik, MA belum mengeluarkan perintah baru terkait persidangan. Apabila SEMA berisi izin menggelar sidang offline turun, Nyoman Wiguna menegaskan pihaknya akan segera melaksanakannya. “Kita siap saja, fasilitas sidang di PN Denpasar tak ada masalah, semua siap,”tegas mantan KPN Kendari Sultra ini.

Sementara itu, Kasipenkum dan Humas Kejati Bali, A Luga Harlianto dikonfirmasi mengatakan keluarnya kebijakan sidang online itu berdasarkan kesepakatan beberapa lembaga diantaranya, kejaksaan, Mahkamah Agung, Kemenkumham dan Kepolisian. “Jadi muaranya disitu, dalam rangka mencegah penyebaran virus covid-19, semua aktifitas publik dibatasi termasuk persidangan. Nah kalau sekarang kondisinya sudah membaik, lantas sidang akan dikembalikan seperti sebelum covid, intinya kejaksaan pun siap,” ujar Luga.   

Kanwil Kemenkumham Bali yang membawahi Lapas di Bali belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait kesiapan mengeluarkan tahanan guna menjalani sidang langsung di pengadilan. “Nanti saya komunikasikan dulu dengan Kadiv Pemasyarakatan,“ ujar Kabag Humas Kanwil Kemenkumham Bali, Wayan Muliarta.

Dari pantauan di PN Denpasar pada Senin (10/10) sudah tidak ada lagi pengetatan pengunjung seperti sebelumnya. Petugas hanya memeriksa identitas, barang bawaan dan keperluan pengunjung di pintu selatan. Tak ada lagi pengecekan suhu tubuh otomatis dan pemeriksaan lain seperti saat Covid -19 mengganas. Meski demikian, petugas masih terus memberi imbauan kepada pengunjung untuk taat protokol kesehatan seperti memakai masker dan cuci tangan. *rez

Komentar