nusabali

Jalan Desa Duda - Duda Utara Rusak 15 Tahun

  • www.nusabali.com-jalan-desa-duda-duda-utara-rusak-15-tahun

AMLAPURA, NusaBali
Ketua DPRD Karangasem I Wayan Suastika mengecek jalan rusak berat yang menghubungkan Desa Duda - Desa Duda Utara, Kecamatan Selat, sepanjang 1,5 kilometer.

Jalan ini rusak sejak 15 tahun lalu. Jalan rusak karena lapisan aspalnya tergerus hingga semakin sulit dilintasi kendaraan. Di samping itu, pada beberapa bagian telah jebol. Ketua DPRD I Wayan Suastika mengecek kondisi jalan itu, mulai dari Banjar/Desa Duda, menuju Desa Duda Utara, Kecamatan Selat, Minggu (9/10).

Awalnya, akses jalan itu merupakan jalan setapak menuju sawah. Selanjutnya, di zaman pemerintahan Bupati I Wayan Geredeg 2005-2010 dan 2010-2015, jalan dilebarkan jadi 5 meter, di beberapa pinggiran jalan dibangun drainase. Pembangunan jalan tahun 2007, sempat diaspal lapen. Namun, sejak itu tidak pernah ada perbaikan peningkatan kualitas jalan.

Jalan ini cukup padat dilintasi truk-truk pengangkut material batu tabas. Akses jalan itu juga merupakan jalan pintas dari Banjar Geriana Kangin, Banjar Perangsari Kelod, Banjar Perangsari Tengah dan Banjar Perangsari Kaja, di Desa Duda Utara menuju Pasar Pesangkan, Banjar Pesangkan, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat.

Sejak jalan itu rusak berat, pengendara memilih jalur lain. Beberapa kali Pemerintah Desa Duda dan Pemerintah Desa Duda Utara memasukkan perbaikan jalan itu ke Musrenbangkab, tetapi belum pernah lolos untuk dianggarkan di APBD.

"Makanya berdasarkan laporan masyarakat termasuk laporan dari Perbekel Duda, terkait jalan rusak berat, kami turun. Kebetulan kami tengah membahas rancangan APBD 2023, saya pastikan perbaikan kualitas jalan dianggarkan di tahun 2023," jelas I Wayan Suastika, politisi PDIP dari Banjar Juuk Legi, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat.

Perbekel Duda I Wayan Dulur mengapresiasi respons pimpinan DPRD mengecek kerusakan jalan menghubungkan tersebut. Dia juga sempat menjelaskan, kondisi jalan rusak berat itu. Kata dia, selain banyak berlubang dan di beberapa bagian jalan telah jebol. Kondisi jalan ini sangat membahayakan jika dilalui kendaraan terutama di musim hujan. Karena muncul banyak genangan air.

"Ketua DPRD Karangasem menjanjikan peningkatan kualitas jalan tahun 2023. Mudah-mudahan janji itu terwujud sehingga jalan tersebut tidak terlalu lama terbengkalai perbaikannya," jelas perbekel asal Banjar Padangtunggal Kauh ini.

Kelian Banjar Pegubugan I Nengah Suyadnya juga menyambut kedatangan Ketua DPRD I Wayan Suastika mengecek jalan rusak tersebut. "Telah lama kami harapkan, ada perbaikan jalan itu, mudah-mudahan dengan kedatangan Ketua DPRD, nantinya bisa cepat perbaikannya terealisasi," harapnya.*k16

Komentar