nusabali

Jembrana Raih Penghargaan Kualitas Pengisian JPT

  • www.nusabali.com-jembrana-raih-penghargaan-kualitas-pengisian-jpt

Pemkab Jembrana menjadi satu-satunya kabupaten di Bali dari 21 kabupaten se-Indonesia yang menerima penghargaan Pengisian JPT ini.

NEGARA, NusaBali
Bupati Jembrana I Nengah Tamba menerima penghargaan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sebagai daerah dengan Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) kategori baik.

Penghargaan tersebut diterima Bupati Tamba dalam acara Penganugerahan Pengisian JPT yang digelar di Hotel Royal Ambarukmo, Jogjakarta, Kamis (6/10).

Penganugerahan Pengisian JPT ini, diberikan KASN sebagai apresiasi dan dukungan kepada instansi pemerintah dalam melaksanakan pengisian JPT sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pemkab Jembrana diketahui menjadi satu-satunya kabupaten di Bali dari 21 kabupaten se-Indonesia yang menerima penghargaan Pengisian JPT ini.  Kemudian Pemkab Denpasar dan Pemrov Bali juga masuk sebagai penerima penghargaan untuk kelas kota madya dan provinsi.

Dalam acara penganugerahan itu, penghargaan  diserahkan langsung oleh Ketua KASN Agus Pramusinto. Acara penganugerahan itu, juga dihadiri secara virtual oleh Wapres RI, KH Ma'ruf Amin serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas. Dalam acara itu, dari KSAN juga melaunching aplikasi Sijapti 4.0.

Usai menerima penghargaan, Bupati Tamba mengucapkan terima kasih kepada Pansel JPT, Sekretariat Pansel, Badan Kepegawaian dan Sunber Daya Manusia (BKPSDM), dan semua  pihak yang telah bekerja keras dan mendukung pelaksanaan Pengisian JPT di Kabupaten Jembrana. "Terima kasih atas kerja keras semua. Mulai dari perencanaan sampai dengan pelantikan JPT sehingga Pemkab Jembrana memperoleh anugerah kualitas pengisian JPT dari KASN. Mari kita kerja bersama dalam satu team work yang kuat membangun Jembrana. Pertahankan prestasi ini dalam penyelenggaraan sistem  manajemen kepegawaian di Kabupaten Jembrana," ujar Bupati Tamba.

Seiring penganugerahan pengisian JPT dari KASN ini, Bupati Tamba juga meminta kepada para pejabat di lingkup Pemkab Jembrana untuk bekerja secara sungguh-sungguh dan profesional. Dirinya pun memastikan akan melaksanakan proses setransparan mungkin dalam pengisian JPT di Jembrana. "Persiapkan diri, tunjukkan kinerja sebaik mungkin. Saya akan lakukan yang terbaik, dengan proses yang transparan dalam pengisian jabatan di Jembrana," ujar Bupati Tamba.

Sementara Ketua KASN Agus Pramusinto mengatakan, dalam penganugerahan ini, penilaian dilakukan secara komprehensif dengan lima dimensi sebagai indikator. Pertama dari tahap perencanaan pengisian JPT, kedua pelaksanaan pengisian, ketiga sistem pelaporan, keempat inovasi manajemen pengisian, dan terakhir menyangkut pelanggaran pengisisan JPT.

Agus menambahkan, juga ada dua prasyarat utama agar daerah mampu memenuhi prasyarat dalam menerima penghargaan. Yaitu, daerah harus mampu memenuhi nilai indeks sistem merit kategori baik. Berikutnya dari hasil penilaian kualitas pengisian JPT dengan kategori sangat baik dan baik.

"Penghargaan kategori tahun ini, diserahkan kepada sebanyak 21 kabupaten, 14 provinsi serta 16 kotamadya se-Indonesia mendapat penghargaan dari KASN dengan kategori baik dan sangat baik. Termasuk ikut dinilai kementerian dan institusi dan lembaga," kata Agus.

Sementara Wapres KH Ma'ruf Amin berharap penghargaan ini mampu menjadi motivasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan  publik. Sebagai indikator meningkatnya  kualitas birokrasi dimata internasional mendukung masuknya inivestasi ke indonesia. "Saya harap semua daerah di Indonesia memenuhi standar yang ditetapkan. Tidak ada yang sampai tinggal kelas. Otonomi daerah jangan mengkotakkan semangat daerah. Tapi visi daerah yang maju akan berkontribusi bagi Indosesia maju. Bersama-sama kita wujudkan birokrasi yang unggul dan kuat," ucap Ma'ruf Amin. *

Komentar