nusabali

Tindih Berhenti Tarung di Kabupaten

Buktikan Tak Serakah Jabatan, Beri Contoh Kaderisasi

  • www.nusabali.com-tindih-berhenti-tarung-di-kabupaten

BANGLI, NusaBali
Politisi Partai NasDem Bangli Gede Tindih memberikan contoh kaderisasi dan berdemokrasi yang benar dalam dunia politik.

Tindih yang sudah dua periode sebagai Anggota DPRD Bangli memutuskan tidak berlaga lagi di level kabupaten pada Pemilu 2024 mendatang.

Tindih, politisi asal Desa Songan, Kecamatan Kintamani ini pada periode 2014-2019 lolos ke DPRD Bangli melalui Partai Nasional Indonesia (PNI). Kemudian pada periode 2019-2024 dia lolos melalui Partai NasDem.

Alasan Tindih tidak berlaga lagi di level DPRD Kabupaten  bukan tanpa alasan. Dia menilai, seorang wakil rakyat sebaiknya menjabat dalam satu tingkatan hanya dua dua periode saja. Lebih dari itu, kaderisasi, demokrasi akan mati.

“Jika wakil rakyat  hanya maju dan menjabat dua kali dalam satu tingkatan, tentu sirkulasi kader dan demokrasi akan berjalan dengan baik. Jika wakil rakyat itu menjabat lebih dari dua kali, kader baru atau pemula tentu akan merasa sulit bersaing dengan incumbent. Karena seorang incumbent telah mengantongi modal politik dan sosial," ujar Tindih, Rabu (5/10).

Dijelaskan Tindih, untuk memuluskan kaderisasi, maka wakil rakyat yang telah dua kali menjabat dalam satu tingkatan lebih relevan maju ke level lebih tinggi. Para wakil rakyat yang sudah dua periode bisa bersaing perebutkan kursi untuk tingkat provinsi maupun pusat (DPR RI). "Karena menjadi anggota dewan bukanlah sebuah profesi, maka itu beri ruang pada kader yang lain,” sindir Tindih.

Terus kemana Tindih akan berlaga di Pileg 2024? Mantan Ketua DPD NasDem Bangli ini mengaku tidak maju pada Pileg 2024, dengan alasan ingin istirahat sejenak di panggung politik.

"Kalau pun ditugaskan partai, kami ingin bertarung di level yang lebih tinggi. Kalau sebelumnya di kabupaten, nanti bisa maju di tingkat provinsi," ujarnya.

Seperti diketahui pada Pileg 2019 lalu, NasDem  menempatkan dua orang kader sebagai Anggota DPRD Bangli. Masing-masing Gede Tindih dan Ketut Guna. Gede Tindih maju di daerah pemilihan (dapil) Kintamani Timur dan Ketut Guna dari dapil Bangli.

Sementara, Ketua DPD NasDem Bangli, Ketut Guna mengatakan, NasDem menargetkan peroleh 4 kursi DPRD Bangli pada Pileg 2024 nanti. Untuk meraih target tersebut, tentu pihaknya akan bekerja keras. "Kami tidak mau muluk-muluk, untuk capai target kami harus kerja ekstra keras,” ujar politisi asal Desa Kayubihi, Kecamatan Bangli ini.*esa

Komentar