nusabali

Sepasang Siswa SMPN 2 Abang Sumbang 10 Emas

  • www.nusabali.com-sepasang-siswa-smpn-2-abang-sumbang-10-emas

AMLAPURA, NusaBali
Sepasang siswa SMPN 2 Abang, Kecamatan Abang, Karangasem, selama Juli – September 2022, menyumbangkan 10 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu, hasil lomba dari beberapa mata pelajaran.

Dua siswa itu yakni I Gede Sopian Jovana kelas IX/d dan Ni Kadek Tiara Maharani kelas IX/c. "Dua siswa itu memang pintar pada banyak mata pelajaran, mengikuti pembinaan secara khusus dua kali seminggu," jelas Kasek SMPN 2 Abang Dr I Wayan Sarya SAg MAg MPd, di ruang kerjanya, Banjar Kebon, Desa Kerta Mandala, Kecamatan Abang, Karangasem, Rabu (5/10).

Sebenarnya, kata I Wayan Sarya, banyak siswa berbakat bidang akademis di SMPN 2 Abang, asalkan guru pembinanya mampu menjaring bibit-bibit potensial, kemudian dibina lebih optimal, didukung orangtua siswa dan semangat siswa itu sendiri.

I Gede Sopian Jovana siswa dari Banjar Merita, Desa Labasari, Kecamatan Abang mengatakan, sebenarnya hobinya mata pelajaran IPA. Sehingga memperdalam mata pelajaran, Fisika, Kimai dan Biologi. Tetapi karena pelajaran Fisika berkaitan dengan Matematika, juga diperdalam sebagai penunjangnya. Kebetulan ada Olimpiade Pelajar Indonesia Tingkat Provinsi melombakan, mata pelajaran Fisika, Kimia dan Biologi, maka kesempatan itu tidak disia-siakan. "Apalagi jadwal lomba berbeda-beda, juga ikut mata pelajaran IPS dan Matematika," kata alumnus SDN 3 Labasari tahun 2020.

Ternyata mereka mampu menyabet medali emas mata pelajaran yakni Fisika, Kimia, Biologi dan IPS. Sedangkan mata pelajaran Matematika meraih medali perunggu.

Padahal selama SD, dan selama kelas VII dan kelas VIII di SMPN 2 Abang, belum pernah berprestasi. "Saya berprestasi sejak duduk di kelas IX, " lanjut siswa kelahiran 26 Mei 2008, yang bercita-cita jadi dokter.

Medali emas juga disumbangkan I Gede Sopian Jovana, saat lomba mata pelajaran HUT ke-58 SMAN 1 Semarapura mata pelajaran Kimia, Senin (25/7), Olimpiade Nasional Tingkat Provinsi 2022, menyabet emas mata pelajaran Fisika dan Biologi, ditambah 4 medali emas Olimpiade Pelajar Indonesia, dan 1 medali perunggu.

Rekannya Ni Kadek Tiara maharani, menyumbang 3 medali emas di Olimpiade Pelajar Indonesia Denpasar, di mata pelajaran: Matematika, Fisika dan IPS, ditambah satu medali perak Biologi. "Saya juga baru kali ini menyumbangkan prestasi," ujar alumnus SDN 2 Purwakerti, Kecamatan Abang, asal Banjar Amed Desa Purwakerti.

Siswa kelahiran 7 Agustus 2008, yang bercita-cita jadi dokter, berjanji terus mencatat prestasi di setiap kesempatan. "Mudah-mudahan prestasi berlanjut di SMA," harap putri bungsu dari 2 bersaudara pasangan I Wayan Suriana dan Ni Wayan Putu Suliani. *k16

Komentar