nusabali

Pintu Masuk ITDC Mulai Dijaga Aparat Bersenjata

  • www.nusabali.com-pintu-masuk-itdc-mulai-dijaga-aparat-bersenjata

MANGUPURA, NusaBali
Pintu masuk kawasan Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC), Kelurahan Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Badung dijaga ketat aparat kepolisian, Rabu (5/10).

Semua orang baik pengunjung maupun pegawai hotel dikawasan elite yang masuk diperiksa ketat petugas bersenjata. Pengamanan ketat ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan terjadi saat kunjungan kerja Presiden Joko Widodo yang diagendakan mengadakan pertemuan di BNDCC.

Pemeriksaan ketat ini guna menghindari adanya barang-barang berbahaya yang dapat mengganggu jalanya kegiatan Presiden. Dalam pengamanan ini, aparat menggunakan metal detektor serta menerjunkan satwa K9 (anjing pelacak) untuk memastikan semua barang bawaan serta orang yang masuk ke kawasan ITDC aman.

Presiden Joko Widodo sendiri datang ke Nusa Dua dalam rangka menghadiri pembukaan kegiatan kongres ke-5 Konferensi Peradilan Konstitusi se-dunia tahun 2022 dan kegiatan Temu Bisnis Produk Dalam Negeri (PDN) Tahap IV Tahun 2022 yang digelar di BNDCC. Selain itu membuka kegiatan Presidensi G20 World Conference on Creative Economy di BICC Nusa Dua, sekaligus mininjau kesiapan pelaksanaan KTT G20 di Bali.

Untuk mengamankan jalannya kunjungan kerja orang nomor 1 di Indonesia itu di Provinsi Bali, Polda Bali menggelar Operasi Puri Agung VIII 2022 dan menerjunkan personel yang dibagi menjadi beberapa Sub Satgas. Para personil ditempatkan di beberapa titik dan persimpangan jalan serta tempat pelaksanaan kegiatan pertemuan.

Sebelumnya, Kapolda Bali, Irjen Pol Puti Jayan Danu Putra mengatakan pola pengamanan kunjungan Presiden kali ini digelar mirip dengan pengamanan para delegasi atau kepala negara dari negara lain yang nanti hadir pada puncak KTT G20 pada 15-16 November 2022. Ribuan personil Polda yang dilibatkan akan berkoordinasi dengan Paspampres, TNI, dan unsur pengamanan lainnya.

"Simulasi pengamanan kedatangan bapak presiden ini nanti digelar mirip dengan pengamanan yang diterapkan nanti pada saat puncak KTT G20 berlangsung. Dukungan dari masyarakat sangat dibutuhkan," ungkap Kapolda usai apel gelar pasukan di Sentral Parkir Kawasan ITDC Nusa Dua, Kelurahan Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Senin (3/10) pagi.

Selain menyiagakan aparat bersenjata, Polda Bali juga menyiagakan tenaga kesehatan. Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Bali yang tergabung dalam Satgas XI Banops Subsatgas Dokkes ops Puri Agung VIII 2022 menyiagakan satu unit ambulans untuk melayani petugas keamanan.

Petugas kesehatan ini bertugas untuk memberikan layanan kesehatan kepada anggota yang bertugas di pos-pos pengaman di seputaran kawasan ITDC tempat kegiatan G20 berlangsung. Kehadiran mereka untuk mendapatkan respons cepat bila ada anggota yang memerlukan pertolongan medis sebelum dievakuasi ke RS. *pol

Komentar